EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI ANTAR TGT DAN MAKE A MATCH
Abstract
This research aimed to determine: (1) The average difference geography pretest, (2) A significant difference on average of geography posttest, (3) The difference of an increase in the gain of learning geography outcomes, and (4) Effectiveness of Collaboration Learning models between TGT and make a match. The method used in this research is a quasi-experiment. Purposive sampling using random sampling, selected XI IPS 3 as an experimental class and class XI IPS 2 as controls. Data collection techniques used were in the form of test results to geography pretest and posttest on the material of distribution of flora and fauna. To process the research data used SPSS 20. The results of this research: (1) There is no difference in the average geography pretest, (2) There is a difference in the average geography posttest, (3) The improvement of gain geography learning outcomes, and (4) Effectiveness of Learning model of collaboration between IGT and make a match.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata pretest geografi, (2) Perbedaan yang signifikan rata-rata postest geografi, (3) Perbedaan peningkatan gain hasil belajar geografi, dan (4) Keefektifan model Pembelajaran Kolaborasi antara TGT dan make a match. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling, dipilih kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi berupa pretest dan posttest pada materi persebaran flora dan fauna. Untuk mengolah data penelitian digunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini: (1) Tidak ada perbedaan rata-rata pretest geografi, (2) Ada perbedaan rata-rata postest geografi, (3) Peningkatan gain hasil belajar geografi, dan (4) Keefektifan model Pembelajaran Kolaborasi antara TGT dan make a match.
Kata kunci : efektivitas pembelajaran geografi, pembelajaran kolaborasi (collaborative learning), make a match, team games tournament
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
E. Barkley, Elizabert. 2012. Collaborative Learning Techniques. Nusa Media: Bandung.
Huda, Miftahul. 2013. Coopeartive Learning, Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta: Bandung.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PTRefika Aditama: Bandung.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. PT Grasindo: Jakarta.
LKPP Univ. Hasanuddin. 2011. Model Pembelajaran Kolaboratif Bagi Pendidikan. Universitas Hasanuddin.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Nusa Media: Bandung.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta: Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v1i6.3613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING