PERSEPSI MASYARAKAT DESA AKE JAWI TERHADAP KEBERADAAN TAMAN NASIONAL AKETAJAWE LOLOBATA (TNAL) KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Siti Murniati, Risky Nuri Amelia, Risky Nuri Amelia

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Desa Ake Jawi Terhadap Keberadaan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber datanya adalah 22 keluarga yang berbatasan langsung dengan TNAL. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Responden dipilih secara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif (pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi/penarikan kesimpulan). Berdasarkan analisis data yaitu (1) Persepsi sebagian kecil masyarakat yang memiliki persepsi baik terhadap keberadaan taman nasional yang dianggap masyarakat bahwa TNAL berdampak positif. Keberadaan taman nasional diharapkan dapat terus memanfaatkan sumber daya hutan dan menjaga kelestariannya di masa mendatang. Persepsi masyarakat yang kurang baik yaitu keberadaan TNAL tidak memberikan apa-apa melainkan hanya mengurangi luas lahan garapan mereka yang masuk ke dalam kawasan TNAL yang membuat masyarakat terganggu dengan keberadaan TNAL. Hal ini banyak terjadi pada responden Desa Ake Jawi yang mengenyam pendidikan dasar dan menengah. (2) Persepsi masyarakat Desa Ake Jawi disebabkan oleh faktor eksternal yaitu rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya partisipasi sosialisasi, kurangnya pengalaman dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang taman nasional dan fungsinya untuk kehidupan selanjutnya.

 

Kata Kunci: Taman nasional, persepsi, masyarakat

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v9.i2.27052


Full Text:

PDF

References


Ariffin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arifin, S.H. dkk 2017. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 21 No.1, Juli: 88-101

Departemen Kehutanan. 2004. Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 397/KptsII/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Tentang Penetapan Kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata di Maluku Utara. Jakarta.

Hamdan., Achmad, A., dan Mahbud, A.S. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Status Kawasan Suaka Margasatwa Ko’Mara Kabupaten Takalar. Jurnal Hutan dan Masyarakat. Vol. 9 (2): 105-113, Desember 2017.

Kerlinger, Fred N. 1973. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: UGM

Nurraini, L. dan Tabba, S. 2013. Persepsi dan Tingkat Ketergantungan Masyarakat Terhadap Sumber Daya Alam Taman Nasional. Jurnal penelitian social dan ekonomi kehutanan Vol.10 No. 1 Maret 2013, Hal. 61-73.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 Tahun 1999. Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Undang Undang No. 5 Tahun 1990 Tentang : Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

Wahyuni, I.N dan Mamonto, R. 2012. Persepsi Masyarakat Terhadap Taman Nasional Dan Sumberdaya Hutan: Studi Kasus Blok Aketajawe, Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Info BPK Manado Volume 2 No 1, Juni 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v9i2.27052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR