Analisis Pengaruh Sistem Informasi Geografis Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking Ability)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem Informasi Geografi (SIG) dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial (spatial thinking ability) mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, dimana variabel dependennya adalah kemampuan berpikir spasial mahasiswa sedangkan variabel independennya adalah SIG. Kemampuan berpikir spasial mahasiswa diperoleh melalui instrumen Spatial Thinking Ability Test (STAT). Instrumen STAT ini merupakan komponen berpikir spasial yang akan dikembangkan oleh Association of American Geographers (AAG). Ada 8 komponen berpikir spasial yang digunakan, yaitu comparison, aura, region, hierarchy, transition, analogy, pattern, dan association (AAG, 2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIG memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial mahasiswa.
Kata kunci: berpikir spasial, instrumen STAT, sistem informasi geografi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Albert, W. S, & Golledge, R. G. (1999). The Use of Spatial Cognitive Abilities in Geographical Information Systems: The Map Overlay Operation. UC Berkeley: University of California Transportation Center.
Aliman, M. (2016). Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Spatial Thinking. In Prosiding Seminar Nasional Geografi (Vol. 1, pp. 58-68).
Anonim (1988). Seminar dan Lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi, Semarang.
Aronoff (1989). Geographic Information Sistem : A Management Perpective,. Ottawa, Canada : WDL Publication
Burrough, P. A. (1986). Principles Of Geographical Information Systems For Land Resources Assessment. Oxford University Press.
ESRI. (1990). Understanding GIS : The Arc/ Info Method Environmental System . Research Institute, Redlands, California.
ICA. (1973). Basic Cartography for Students and Technicians. Volume 1. Published With The Financial Assistance of UNESCO. BAS Printers Limited.
Kerski, Joseph J. (2000) The Implementation and Effectiveness of Geographic Information Systems Technology and Methods in Secondary Education. University of Colorado.
Kerski, Joseph J. (2008). The role of GIS in Digital Earth education. International Journal of Digital Earth, Vol. 1, No. 4, December 2008.
Lee, Jongwoon And Robert Berdnarz (2009) Effect Of GIS Learning On Spatial Thinking. Journal of Geography in Higher Education, Vol. 33, No. 2, 183–198,
Lutfianingsih, I. (2017). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking Ability) Antara Siswa Kelas XII IPS Dan Kelas XII IPA Di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Geo Educasia-S1, 2(4), 512-525.
Marsh, Meredith, Reginald Golledge, and Sarah E. Battersby (2007). Geospatial Concept Understanding and Recognition in G6–College Students: A Preliminary Argument for Minimal GIS. Annals of the Association of American Geographers, 97(4), 2007, pp. 696– 712.
National Research Council (2006). Learning to Think Spatially: GIS as a Support System in the K–12 Curriculum (Washington, DC: National Academies Press).
Prihandito, Aryono. (1988). Proyeksi Peta. Cetakan pertama. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v10i1.23353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING