PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG) UNTUK PEMETAAN SEBARAN DAN ZONASI SEKOLAH DALAM SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMA NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Zellinia Ristanti, Trisnaningsih Trisnaningsih, Listumbinang Halengkara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sebaran lokasi SMA negeri di Kota Bandar Lampung, memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) berupa geoprocessing dan buffer untuk membuat peta zona layanan (service area) berdasarkan Petunjuk Teknis (JUKNIS) tahun 2018 di Kota Bandar Lampung dan peta  zona area layanan (service area) terkait dengan sistem zonasi sekolah pada Petunjuk Teknis (JUKNIS) tahun 2019 di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah 17 SMA Negeri di Kota Bandar Lampung dan tidak menggunakan sampel karena seluruh objek penelitian ini akan dipetakan. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan observasi lapangan. Analisis data menggunakan analisis tetangga terdekat (Nearest Neighbour Analysis) dan teknik analisis SIG berupa Geoprocessing dengan metode buffer. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Sebaran lokasi sekolah SMA Negeri di Kota Bandar Lampung berdasarkan Analisis Tetangga Terdekat (Nearest Neighbour Analysis) menghasilkan nilai T yaitu sebesar 1 km dengan Type Random/acak. 2) SIG dapat dimanfaatkan untuk menentukan zona terlayani PPDB pada tahun 2018 pada jarak 5001 – 6000 m. 3) SIG dapat dimanfaatkan untuk menentukan zona terlayani dan tidak terlayani PPDB pada tahun 2019 dengan menghasilkan peta pembagian zona wilayah terlayani dan zona tidak terlayani.

 

Kata Kunci: Buffer, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sistem Informasi Geografi (SIG), Sistem Zonasi Sekolah.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v10.i1.22657


References


Andina, Elga. 2017. Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial. Volume IX Nomer 14/11/Puslit/Juli/2017. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Bintarto,R.,dan Hadikusumarno, S. 1987. Metode Analisa Geografi. LP3ES, Jakarta.

Dewi Handayani U.N, R.Soelistijadi dan Sunardi.2005. Pemanfaatan Analisis Spasial untuk Pengolahan Data Spasial Sistem Informasi Geografi. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol.X, No.2 Mei 2005 : 108-116 ISSN : 0854-9524.

Lestari, Hermin Aprilia dan Rosdiana, Weni. 2018. Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 4 Kota Madiun Tahun 2017. Vol.6 No.5 ISSN: 2354 – 600X Universitas Negeri Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/publika /issue/view/1457.

Listumbinang Halengkara, 2019. Panduan Praktikum Sistem Informasi Geografi 2 Aplikasi dan Pemodelan Spasial.Universitas Lampung. :Bandar Lampung.

Muta’ali, Lutfi. 2015. Teknik Analisis Regional untuk Perencanaan Wilayah, Tata Ruang, dan Lingkungan. Badan Penerbit Fakultas Geografi (BPFG) Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Pambudu, Tika. 2005. Metode Penelitian Geografi. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau Bentuk Lain yang Sederajat. Jakarta: Berita Negara RI 2018 No.605.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. No. 12 Tahun 2015 tentang Program Indonesia Pintar Bab II pasal 2. Jakarta: Berita Negara RI Tahun 2015 No. 724.

Peraturan Pemerintah. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 2 pasal 3. Lembaran Negara RI Tahun 2003 No. 4301. Jakarta: Sekretariat Negara.

Peraturan Pemerintah. Undang-Undang Dasar Pasal 31 Ayat 1 tentang hak asasi manusia memperoleh pendidikan.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. Undang–Undang RI No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 53 ayat 1. Lembaran Negara RI Tahun 2002 No.109. Jakarta : Sekretaris Negara.

Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. 2018. Bandar Lampung: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung.

Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. 2019. Bandar Lampung: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung.

Purwanti, Dian. Irawati, Ira. Adiwisastra Josy. 2018. Evektifitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan, Vol 5, No 4 (2018) ISSN:2356- 2269 ISSN:2614-2945. Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sukabumi Jawa Barat, FISIP Universitas Pajajaran Bandung. ttps://jurnal.unigal.ac.id /index.php /dinamika /article/view/1737/1409

Sumadi Suryabrata. 2012. Metodologi Penelitian. Rajawali Pers. Jakarta. 165 hlm.

Wahyuni, Dinar. 2018. Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Majalah Info Singkat. Bidang Kesejahteraan Sosial. Volume X Nomor 14/II/ Puslit/ Juli/2018. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Yuliana Ratnasari. 2018. Mengenal Sistem Zonasi Jarak RW dalam PPDB SMP 2018 di Yogyakarta. Diunggah pada 5 Juni 2018. Diakses pada 11 Maret Pukul 20.15 WIB. http://Tirto.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v10i1.22657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR