Kemampuan Guru Geografi Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses Pada SMA

Elda Elrin Hasanah, Zulkarnain Zulkarnain, Nani Suwarni

Abstract


This research aims to examine the geography teachers’ capability in learning evaluation at senior high school in Bandar Lampung. The type of research was descriptive research. The population in this reasearch was 66 geography teachers and this research was taken by purposive sampling technique which carried out on 8 teachers. And the techniques to collect the data were used questionnaires and documentation. The analysis data used descriptive percentages technique.The result of this research indicated that the suitability of geography teachers in evaluating of learning based on permendikbud No.22 of 2016 which concerned to Education Standard Processwas included in the capability category. All indicators of the implementation of learning that carried out by geography teachers were included to the capability category.It means that the geography teachers in Public and Private of Senior High Schoolin Bandar Lampungare able to carry out the learning based on standard process.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan guru geografi dalam mengevaluasi pembelajaran pada SMA di Kota Bandar Lampung.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah 66 guru geografi dan penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dilakukan pada 8 orang guru.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian guru geografi dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan termasuk dalam kategori mampu. Semua indikator pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru geografi termasuk dalam kategori mampu. Hal ini berarti guru geografi pada SMA Negeri dan Swasta di Kota Bandar Lampung adalah mampu melaksanakan pembelajaran berdasarkan standar proses.

Kata kunci: kemampuan guru, evaluasi pembelajaran, standar proses


Full Text:

PDF

References


Kusnandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nazir, M . (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Salinan Lampiran Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan.Nomor 22 tahun 2016.Tentang Standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N, Ibrahim.. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v8i2.19734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR