Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi

Inten Indrayani, Sumadi Sumadi, Yarmaidi Yarmaidi

Abstract


This research aims to determine the effect of the application of think pair share type cooperative learning models to the learning activities and learning outcomes of students of class XI IPS in Yadika Bandar Lampung High School.  The research method used in this study is Quasi Experiment. Data collection uses test techniques to measure student learning outcomes.  Observation technique to obtain data from the teaching and learning process in class and documentation.  The subjects of this study were students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 totaling 52 students.  The results showed that: (1) there were differences in learning activities between classes using the TPS type model and those who did not.  (2) there are differences in learning outcomes between classes that use the TPS type model and those that do not.  (3) there is an influence of the use of TPS type learning models on geography learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap  aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Yadika Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen). Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik Observasi untuk memperoleh data dari proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 berjumlah  52  siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar antara kelas yang menggunakan model tipe TPS dengan yang tidak. (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model tipe TPS  dengan yang tidak. (3) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran  tipe TPS  terhadap hasil belajar geografi.

Kata kunci: aktivits, hasil belajar, pembelajaran think pair share


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cahyono, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta : Diva Press.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswin. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta : Andi Offset.

Sardiman. 2006. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabet.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang : Aditya Media Publishing.

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v8i2.19207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR