Deskripsi Motivasi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Objek Wisata Camp 91

Tiara Safitri, Edy Haryono, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


This study aims to assess the motivation of tourists visiting Camp 91 Tourism Objects in Kedaung Village, Kemiling Subdistrict, Bandar Lampung City. This research uses a descriptive method. The population in this study were all tourists who visited Camp 91. The sampling method was accidental sampling with quota sampling technique of 50 respondents. Data collection was carried out by observation, documentation, interviews and questionnaires. Data analysis uses tables and percentages as a basis for interpretation and description in giving meaning to the data for this research report. The results of this study indicate that the motivation of tourists visiting Camp 91 Attractions: (1) tourist motivation for recreation of 48 tourists (96%), (2) tourist motivation for relaxation of 19 tourists (38%), (3) tourist motivation for the distribution of hobbies of 36 tourists (72%), (4) the motivation of tourists to service a number of 5 tourists (10%).

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang motivasi wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Camp 91 di Desa Kedaung Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wisatawan yang berkunjung ke Camp 91. metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling, teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah quota sampling sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Analisa data menggunakan tabel dan presentase sebagai dasar untuk interpretasi dan deskripsi dalam memberikan arti data tersebut guna laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi wisatawan yang berkunjung di Objek Wisata Camp 91: (1) motivasi wisatawan untuk rekreasi sejumlah 48 wisatawan (96%), (2) motivasi wisatawan untuk relaksasi sejumlah 19 wisatawan (38%), (3) motivasi wisatawan untuk penyaluran hobi sejumlah 36 wisatawan (72%), (4) motivasi wisatawan untuk dinas sejumlah 5 wisatawan (10%).

Kata Kunci: motivasi, objek wisata Camp 91, wisatawan


Full Text:

PDF

References


Ali, Moh 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa.

Djajali. 2006. Psikologi Pendidikan. Bumi Jakarta: Aksara.

Fandeli, Chafid. 1995. Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty.

Gayatri, G Putu dan Pitana Gde I. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

J.A, Muljadi. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Rajawali Pers.

Judisseno, K Rimsky. 2017. Aktivitas dan Kompleksitas Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yoeti, A Oka. 1983. Komersialisasi Seni Budaya Dalam Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i6.18483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR