Analisis Kesesuaian Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Standar Proses
Abstract
This study aims to determine the level of suitability of the planned components of the implementation of 2013 curriculum geography learning in SMA in Bandar Lampung City. The type of research used is descriptive method. The results show that the RPP component based on Minister of Education and Culture No. 22 in 2016 year concerning the process of education standards is included in the appropriate category. The average percentage of RPP components is in the appropriate category. Components that are in the appropriate category are identity of the subjects, formulation of components, formulation of learning objectives, selection of teaching materials, selection of learning resources, selection of learning media, learning models, learning scenarios. Whereas the components that are in the inappropriate category are the assessment components. The ability of geography teachers in preparing learning plans based on standard processes in high schools in Bandar Lampung is included in the good category.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian komponen rencana pelaksanaan pembelajaran geografi kurikulum 2013 pada SMA di Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan komponen RPP berdasarkan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan termasuk dalam kategori sesuai. Rata-rata persentase komponen RPP berada pada kategori sesuai. Komponen yang berada dalam kategori sesuai adalah identitas mata pelajaran, perumusan komponen, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan media pembelajaran, model pembelajaran, skenario pembelajaran. Sedangkan komponen yang berada dalam kategori kurang sesuai adalah komponen penilaian. Kemampuan guru geografi dalam menyusun rencana pembelajaran berdasarkan stantar proses pada SMA di Kota Bandar Lampung termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran geografi, rencana pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 413 hlm.
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press. 314 hlm.
Darmadi, Hamid. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 382 hlm.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika. 252 hlm.
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 270 hlm.
Suryabrata, Sumadi. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: PT Graha Grafindo Persada. 180 hlm.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i5.18158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING