Analisis Minat Belajar dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi
Abstract
The problem in this study is most students geography scores are still under standard. This study aims to analyze (1) the effect of learning interests and learning activities through discovery learning model of the students geography learning outcomes of tenth grade students at SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, (2) the differences between the students geography learning outcomes of tenth grade students at SMA Negeri 1 Pesisir Selatan by using discovery learning model and using lecture method. The method used in this research was the experimental method. The results of the study showed that (1) there was an effect of learning interests and learning activities through discovery learning model of the students geography learning outcomes of tenth grade students at SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, and (2) there were differences between students geography learning outcomes of tenth grade students at SMA Negeri 1 Pesisir Selatan who used discovery learning model and used lecture method.
Masalah dalam penelitian ini adalah sebagain besar nilai siswa pada mata pelajaran geografi masih dibawah kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh minat belajar dan aktivitas belajar melalui model discovery learning terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, (2) perbedaan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Selatan yang menggunakan model discovery learning dengan yang menggunakan motode ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh minat belajar dan aktivitas belajar melalui model discovery learning terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, dan (2) ada perbedaan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Selatan yang menggunakan model discovery learning dengan yang menggunakan metode ceramah.
Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, minat belajarFull Text:
PDFReferences
Fitri, Marina. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matari Pokok Suhu dan Kalor Kelas X SMA Cerdas Murni Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol. 3, No. 2, hlm. 89-96, Mei 2015.
Nurmadinah, Ayu. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Swasta Reguler Al-Azhar Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 5, No. 8, hlm. 1-9, September 2016.
Raditya, Edwin Imam. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Memelihara/ Service Sistem Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas XI TKR A dan TKR B Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhamadiyah 1 Bambanglipuro Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. E-Jurnal Pendidikan Otomotif. Vol. 21, No. 1, hlm. 1-10, Juli 2017.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga: Bina Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wianti, Anggit. 2010. Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada SMA Di Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 2, No. 1, hlm. 26-34, Juli 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i4.17943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING