Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IOC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa
Abstract
The research was to find out about (1) the effect of using IOC of cooperative learning model to the tenth grade students’ achievement score, and (2) the differences of students’ achievement score who used IOC type of cooperative learning model and students’ achievement score who used conventional learning method. This was quasi experiment research. The population was students of the tenth grade and research’s samples were the students of grade X1 and X3 of SMAN 1 Natar. The data collected were the students’ achievement scores and the student’ activity scores. Data were analized by using linear regression analysis and t-test. The results were (1) there was an effect of using inside-outside circle of cooperative learning model to the tenth grade the students’ achievement score, and (2) there was a difference of students’ achievement score who used IOC type of cooperative learning model and students’ achievement score who used conventional learning method.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas X , dan (2) adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (IOC) dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakaneksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan sampel penelitian yakni siswa kelas X1 dan X3 SMA Negeri 1 Natar. Data yang diperoleh berupa nilai hasil belajar dan data aktivitas pembelajaran siswa. Teknik analisis data menggunakan uji linier sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle pada hasil belajar siswa kelas X, dan (2) adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional.
Kata kunci: IOC, pembelajaran kooperatif, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Robert Slavin. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (Edisi Terjemah). Bandung: Nusa Media.
Rostina Sundayana. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i3.17509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING