Hubungan Minat Baca, Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 1 Bandar Lampung
Abstract
The research was aimed at investigating the correlation between the interest of reading, the habit of studying, and the result of studying at geography subject at the third grade of IPS. The method was used in this research were the descriptive quantitative method and the approaching correlation.analysed technique by Analysis Correlation Product Moment. The result of the research was a strength positive correlation and significant between variable x1 and y from the correlation coefficient score r counted > r table= 0.849 > 0.3301. Furthermore, there was a strength positive correlation and significant between variable x2 and y from the correlation coefficient score r counted > r table= 0.829 > 0.3301. Then, there was a strength positive correlation and significant between variable x1, x2 and y from the correlation coefficient score r counted > r table= 0.908 > 0.3301.
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca, kebiasaan belajar, dengan hasil belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas XII IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. teknik analisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang kuat dan signifikan antara variabel X1 dengan Y dengan nilai koefisien korelasi yaitu rhitung > rtabel = 0684 > 0,3301. ada hubungan positif yang kuat dan signifikan antara variabel X2 dan Y dengan nilai koefisien korelasi yaitu rhitung > rtabel = 0,829 > 0,3301. Ada hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara variabel X1, X2 dengan Y dengan nilai koefisien korelasi yaitu rhitung > rtabel = 0,908 > 0,3301.
Kata kunci: hasil belajar, kebiasaan belajar, minat baca
Full Text:
PDFReferences
Anna Fatchiyatuz Zakiyah. 2016. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidi kan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Evti Sartika Ningsih. 2009. Hubungan Antara Minat Baca Motivasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa Tentang Koleksi Buku dengan Pemanfaatan Perpustakaan Unila Oleh Mahasiswa. (Skripsi). Pendidikan Geografi. Universitas Lampung
Fatiya Rosyida, Sugeng Utaya, Budijanto. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. (Jurnal). Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang
Galih Priambodo. 2012. Pengaruh Ketersediaan Sarana Belajar dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Teladan Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012 (Jurnal). Pendidikan Ekonomi. Universitas Lampung
Roida Eva Flora Siagian. 2013. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. (Skripsi). Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik Matematika dan IPA. Universitas Indraprasta PGRI
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi nya. Rineka Cipta. Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i6.16403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING