Penerapan Model Pembelajaran Tipe Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI
Abstract
This study subject to analyze the use of cooperative models snowball throwing to increase activity and learning outcomes geography class XI social Sciences at senior high school Mathla'ul Sindangsari Anwar. The research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: preparation, action, observation, and reflection. Data taken form the final test results and observations from the cycle. The results showed that an increase in the percentage of students learning activity geography of the material composition of the population, factors of attraction and the urbanization booster in each cycle. Based on analysis of the data shows that the use of cooperative learning throwing snowball can increase the activity of learning and student learning outcomes and suggested to the subject teachers of geography in order to apply this approach to the material subsequent geography.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Mathla’ul Anwar Sindangsari. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prosentase aktivitas belajar geografi siswa materi komposis penduduk, faktor penarik dan pendorong urbanisasi pada tiap siklusnya. Hasil analisa data menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, dan disarankan kepada guru mata pelajaran geografi agar menerapkan pendekatan ini pada materi geografi selanjutnya.
Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, snowball throwing
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2010. Propesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Insan Cendikia. Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelaaran. IKIP Semarang Press. Semarang.
Mulyasa, Enoh. 2006. KTSP, Karakteristik dan Implementasi. Rosdakarya. Bandung.
Suherman, Erman. 2015. Sistem Belajar Mengajar. Universitas Terbuka, Depdikbud. Jakarta.
Winataputra, Nadzir, 1996. Model Snowball throwing Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa, (http ://dindaachmad.Blogspot.com/ 2010/03/artikel.html, diakses tanggal 23Desember 2010).
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i5.16384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING