Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
This aims to determine (1) Avarage posttest result of study of IPS Integrated in class which will be given method of environmental utilization as model of learning is higher than in class given method of lecture, (2) Method of environmental utilization is more effective than method of lecture in Integrated IPS subjects class VIII in Public Junior High School 2 Liwa. This research is using quasi-experimental methods with Pretest-Posttest Control Group Design. Research result show that (1) The average value of IPS Integrated learning outcomes in the class given methods as environmental is utilization higher than in class given lecture methods. (2) Learning that using the environment as a learning resource is more effective than lecture methods on the subjects of Integrated IPS class VIII in Public Junior High School 2 Liwa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rata-rata postes hasil belajar IPS Terpadu pada kelas yang akan diberikan metode pemanfaatan lingkungan sebagai model pembelajaran lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah, (2) Metode pemanfaatan lingkungan lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 2 Liwa. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Grup Desaign. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata postes hasil belajar IPS Terpadu pada kelas yang diberikan metode pemanfaatan lingkungan sebagai model pembelajaran lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah, (2) Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 2 Liwa.
Kata kunci: hasil belajar IPS terpadu, pemanfaatan lingkungan, sumber belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Munib,Ahmad.2004. PengantarIlmuPendidikan. Semarang : UNNESPress.
Nana Sudjana. 2001. Dasar-dasar Proses Belajar Megajar. Bandung : Algesindo.
Poerwanti, Agus, dkk.. 2009. Asasmen Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana,Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i5.15826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING