Aktivitas Penerapan Media Visual Berbasis Teknologi Informasi di SMA Fransiskus Tahun 2017/2018

Widitia Clara Irena, M. Thoha B. S. Jaya, Dedy Miswar

Abstract


The problem in this study aims to determine and analyze (1)the differentiation of studied geography between communicative method and visual based on IT for students in grade XI social at Fransiskus Senior High School in year 2017/2018. (2) Te effect of learning activities that use visual media based on IT to the geography students in grade XI social at Fransiskus Senior High School in year 2017/2018. The research method used is Quasi Experimental Design.The result indicated (1) there is differentiation in the result of studied geography in used visual media based on IT and used communicative method. (2) Theres the influence of learning activities that use visual media based on IT to the geography students in grade XI social in Fansiskus Senior High School in year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media visual berbasis TI dengan yang menggunakan metode ceramah pada pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Fransiskus Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Pengaruh aktivitas belajar yang menggunakan media visual berbasis TI terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Fransiskus Tahun Ajaran 2017/2018.Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media visual berbasis TI dengan yang menggunakan metode ceramah pada pelajaran Geografi pada kelas XI IPS di SMA Fransiskus Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Ada pengaruh aktivitas belajar yang menggunakan media visual berbasis TI terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMA Fransiskus Tahun Ajaran 2017/2018.

Katakunci:ceramah, hasil belajar geografi, media visual berbasis teknologi informasi


Full Text:

PDF

References


Abdul Gafur. 2012. Desain Pembelajara; Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Ombak: Yogyakarta.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo: Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta:Bandung.

Syaiful Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i2.15046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR