Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Geografi
Abstract
This research was to determine the difference of learning outcomes and the effect of cooperative learning in Student Team Achievement Division (STAD) type and lecture method to the students geography learning outcomes class XI IPS at SMA Negeri 15 Bandar Lampung. This research used a quasi experimental research (Quasi Experimental Design). This research used students grade XI IPS 3 as control class and XI IPS 4 as experimental class. The data collection was using testing techniques. Hypothesis testing used t-test and effect size test. The results showed that there was the difference of learning outcomes and the effect of cooperative learning in Student Team Achievement Division (STAD) type and lecture method to the students geography learning outcomes class XI IPS at SMA Negeri 15 Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar serta pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan metode ceramah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Penelitian ini menggunakan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar serta terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode ceramah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung.
Kata kunci: hasil belajar geografi, metode ceramah, Student Team Achievement Division (STAD)
Full Text:
PDFReferences
Darsono. 2007. Pengantar Problem Based Learning. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM.
Etin Solihatin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Moodel Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2011. Metode Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v5i2.13719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING