Pengaruh Model Learning Together Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS

Tri Wulandari, Yarmaidi Yarmaidi, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


This research was conducted to determine the effect of the use of the cooperative learning model in Learning Together (LT) type to the student geography learning outcomes class XI IPS at SMAN 15 Bandar Lampung in 2017. Research subject was students grade XI IPS SMAN 15 Bandar Lampung which amount 68 students were selected randomly. This study was a quasi experimental research. The data collection was done by using the documentation, observation, and testing techniques. Data analysis was done by testing the difference (t-test). The results showed that there was the influence of the use of cooperative learning model in Learning Together (LT) type to the students geography learning outcomes for class XI IPS at SMAN 15 Bandar Lampung.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 15 Bandar Lampung Tahun 2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN15 Bandar Lampung berjumlah 68 siswa yang dipilih secara random. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 15 Bandar Lampung.

Kata kunci : hasil belajar, learning together, pembelajaran kooperatif


| Abstract views: 94 | PDF views: 109

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice Bandung. Nusa Media.

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset & Praktik, Nusa Media. Bandung.

Sudjana, Nana. 2001. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Algesindo.

Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodologi Pelajaran Geografi. Malang. Aditya Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v5i1.13642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR