PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Abstract
This research was aimed at finding out and to analyze (1) the difference between the geography learning result at class XI Social 1 that used model of Cooperatif Integrated Reading And Composition(CIRC) Learning and the geography learning result that used conventional learning model, (2) the effect of using model of CIRC Learning on the geography learning result.Quasi experiment was used in study. The populations were the at class XI Social 1 and 2. To analyze the data, T-Test and linear regression analysis were used. The results showed (1) there was a difference between thegeography learning result that used model of CIRC Learning and the geography learning resultthat used conventional learning model, (2) using model of CIRC Learningthere was positive effect and significant of on the geography learning result.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar geografi. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2di SMA N I Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat. Analisis data menggunakan uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran CIRC dengan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Penggunaan model pembelajaran CIRC berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar geografi.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran CIRC, pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Muhammad. 2011. Belajar dengan pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara. Jakarta.
Hartono, M.Pd.,Drs. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Pustaka pelajar. Yogyakarta.
http://jurnal.unimus.ac.id. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. tanggal 28 Januari 2016 pukul 13.51 WIB.
Huda, Miftahul. 2013. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Nusa Media, Bandung.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: CV Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i6.13322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING