PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS
Abstract
The purpose of this research is to analyze (1) the difference of learning result of student geography in experimental class using cooperative learning model of portfolio type and control class using only conventional learning. (2) influence of cooperative learning model of portfolio type to geography learning result of grade XI IPS MA Al-Fatah. The study used quasi experimental method. The population in this study were the students of class XI IPS. Data analysis techniques used were t test and simple linear regression analysis. The result of research shows that (1) there is difference of learning result of student geography in experimental class using cooperative learning model of portofolio type and control class using only conventional learning, (2) there is influence of cooperative learning model of portofolio type to learning result of student geography An increase of 68.83% in the class XI IPS MA Al-Fatah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe portofolio dan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe portofolio terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe portofolio dan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe portofolio terhadap hasil belajar geografi siswa meningkat 68,83% pada kelas XI IPS MA Al-Fatah.
Kata kunci: hasil belajar geografi, konvensional, portofolio.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arnie, Fajar. 2004. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_____.2009. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Djamarah, dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya,.
Hanifah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Jakarta: GP press.
Rojak, Abdul. 2012. Pengantar Statistika. Jawa timur: Intermedia.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i6.13185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING