PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Erva Septi Rindiantika, Yarmaidi Yarmaidi, Dedy Miswar

Abstract


This research aimed is to increase the activities, motivation and learning outcomes of geography in SMA Negeri 1 Natar year 2015/2016 using cooperative type articulation learning model. The method used is classroom action research that conducted in three cycles. Subjects in this study were 40 students of class X-9 consist of 25 female students and 15 male students. Data taken form the final test results and observations from the cycle of activity and motivation to learn. Analysis of the data used is descriptive analysis. The results showed that (1) the implementation of cooperative type articulation learning model can improve students learning activities (2) The implementation of cooperative type articulation learning model can increase students' motivation (3) The implementation of cooperative learning model articulation can improve student learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Natar tahun 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi. Metode yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas X-9 yang terdiri dari 25 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas dan motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, kooperatif tipe artikulasi, motivasi belajar.


| Abstract views: 262 | PDF views: 118

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan: Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sumadoyo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i6.13173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR