EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS
Abstract
The purpose of the research is to detirmind the effectiveness of cooprative learning picture and picture type for student of SMA Negeri 1 Way Serdang. The method used a quasi experimental method (quasi experiment). The population are students of class XI social SMA Negeri 1 Way Serdang as many as 71 student. The sample are 48 students obtal ned by random sampling technique. The data analysis used t-tes (independent sample tests). The research result slowed there is an avarage diffrence of student learning outcome betwen student who given picture and picture method (experiment class) whit student who given conventional method that is discurse variation in control class. The learning use picture and picture model more effective than discourse method it can be know to many student who reach misteri learning in the experiment class.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture bagi siswa SMA Negeri 1 Way Serdang. Metode penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment), Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Serdang sebanyak 71 siswa. Jumlah sampel 48 siswa yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dengan uji-t (independent sample test). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan metode pitcure and pitcure (kelas eksperimen) dengan siswa yang diberi perlakuan metode konvensional (ceramah). Pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.
Kata kunci: model pembelajaran kooperative, picture and picture, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mufsiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i4.12020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING