HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG BAHAN AJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Abstract
The purpose of this study was to determine the relation of student perception about teaching material provided by teacher on the subjects of geography with the result of study in class XI IPS in SMA N 2 Liwa academic year 2014-2015. The research method was correlational method. Population of this research was class XI IPS SMAN 2 Liwa Lampung Barat as much as 95 students. Data were collected by using questionnaires. Data analysis used Product Moment Correlation. The results of data analysis concluded that there is a correllation between students' perceptions about teaching materials provided by the teacher and student learning outcomes in SMA N 2 Liwa, such as the higher students perception of teaching material, the higher learning of the students result.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang bahan ajar yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran geografi dengan hasil belajar kelas XI IPS di SMA N 2 liwa Tahun Pelajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 2 Liwa Lampung Barat sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang bahan ajar yang diberikan oleh guru dengan hasil belajar geografi siswa SMA N 2 Liwa, yaitu semakin tinggi persepsi siswa terhadap bahan ajar maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar geografi, media, gambar cetak, realia.
Full Text:
PDFReferences
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta ; PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung ; Tarsito.
Marat. 1991. Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta ; Gramedia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta ; PT. Rineka Cipta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta ; Rineka Cipta.
Wijaya. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i3.11179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING