PENGARUH AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Abstract
The research was concerned with the relatively low learning result in Geography among the students of SMA Negeri 13 Bandar Lampung. The research was aimed at examining: (1) the effect of learning activity using portfolio-based learning model on students learning, (2) the effect of learning motivation through portfolio-based learning model on students learning, and (3) the effect of both learning activity and learning motivation through portfolio-based learning model on students learning. Quasy-experimental was applied, and using one group pretest-posttest design. The result of data analyses showed that (1) learning activity has influence the students learning result in the experimental class, (2) learning motivation has an effect on students learning result in the experimental class, and (3) both learning activity and learning motivation contribute to students learning result in the experimental class.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh aktivitas belajar dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. (3) mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi belajar dalam penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar geografi kelas di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen (3) ada pengaruh aktivitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen.
Kata kunci: aktivitas, motivasi belajar, portofolio, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. CV Bumi Aksara.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Slavin, E Robert. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Indeks.
Tukiran, Taniredja. 2012. Model model Pembelajaran Inovatif. Bandung. Alfabeta.
Wawan. 2010. Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jakarta. PT Rineke Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i1.10572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING