PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
Abstract
The purpose of this research was increase the activities and geography students learning results by using cooperative learning model. The method of this research was classroom action research. The subjects of this research were the students of 11th grade social 1 Kota Agung. After the treatment was conducted, the result showed an increase of students activity average of 59,33 in cycle, increasing to 69,33 in cycle 2 and increasing to 80,66 in cycle 3. The implementation of Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) can increase the students learning results, it is proved by the increasing of learning result in cycle 1 which is 63, then it increases to 66 in cycle 2 and also inrease in cycle 3 to 80.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Agung. Setelah diadakan tindakan terjadi peningkatan rata-rata aktivitas siswa sebesar 59,33 pada siklus 1 meningkat menjadi 69,33 pada siklus II dan megalami peningkatan 80,66 di siklus ke III. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar pada siklus 1 yaitu 63 mengalami peningkatan pada siklus ke II yaitu 66 dan meningkat pada siklus ke III yaitu 80.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas dan hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Pargito, 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung:Anugrah Utama Raharja.
Sumarmi, 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan
Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v3i6.10522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING