KENDALA MAHASISWA PRODI GEOGRAFI PESERTA PPL DALAM PENGAJARAN IPS TERPADU SMP 2013

Shilviana Khoirunnisa, Nani Suwarni, Yarmaidi Yarmaidi

Abstract


This research was aimed at investigating the problem of geografic education major student as participant of intern Teaching Program on Social Studies Learning in Junior High School 2013, and the efforts made by geografic education major student to solve the problems. The method of this research was descriptive. The population were fourty six persons. The data collecting techniques used were observation, interview and documentation. The data analysis used table analysis in form of percentage. The result of this research showed (1) respondences stated they were struggling on social studies study planning, understanding social studies, and on teaching social studies. All respondences stated that lack of understanding social studies causes obstacle on learning process. (2) The effort takken by the respondences to solve the problem were discussing with the teammate to solve the problem, consulting with the guide teacher, seeking the relevant references, and finding more information from the internet site.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kendala yang dihadapi mahasiswa Prodi Geografi Peserta PPL dalam pengajaran IPS Terpadu di SMP 2013, dan Upaya yang dilaksankan untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 mahasiswa Pendidikan Geografi peserta PPL SMP Tahun 2013. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tabel persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa Pendidikan Geografi terkendala pada proses penyusunan RPP IPS Terpadu, memahami materi IPS dan terkendaladalam menyampaikan materi IPS Terpadu. Seluruh mahasiswa menyatakan kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi IPS Terpadu menjadi kendala dalam melaksanakan pembelajaran IPS terpadu. (2) Upaya yang dilaksankan adalah meminta bantuan dari teman sekelompok, berkonsultasi dengan guru pamong, mencari referensi yang relevan dan mencari informasi tambahan melalui internet.

Kata kunci: kendala, ppl, ips terpadu


Full Text:

PDF

References


Daldjoeni. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Penerbit Alumni.

Djamarah, Saiful Bakri. 1997. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Etin Solihatin. 2007. Cooperative learning (Analisis Model Pembelajaran IPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Soemantri, N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana, N. 2009. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Universitas Lampung. 2013. Buku Panduan KKN Kependidikan Terintegrasi. Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v3i6.10451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR