PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Abstract
This research aimed to determine (1) the effect of inquiry learning model with value approach to student learning result, (2) the students attitude of the implementation of inquiry learning model with value approach. The research was at SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung in-class X9 and X4. The research used Quasi Experimental design with Pre test-post test Nonequivalent Control Group Design. The statistical analysis used N-gain scores and Independent Sample T Test. The results showed that the N-gain average learning result of students in the experimental class using inquiry learning model with value approach was 0.73 (high category), while the control group using conventional methods was 0,62 (medium category). The result of research indicated that inquiry learning model with value approach gave a better influence on physics learning result and positive attitude of students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai terhadap hasil belajar siswa, (2) sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai. Penelitian dilakukan di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung di kelas X9 dan kelas X4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan desain Pre test Post test Non equivalent Control Group Design. Analisis statistik menggunakan skor N-gain dan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata N-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai sebesar 0,73 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan nilai memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa dan sikap positif siswa.
Kata kunci : hasil belajar, inkuiri terbimbing, pendekatan nilai.
Full Text:
PDFReferences
Andriansyah. 2011. Studi Perbandingan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Pada Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
David A, J. 2009. Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Karina, T. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) dengan Pendekatan Nilai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. (Online) tersedia: (http://repository.uinjkt.ac.id.) Diakses 19 November 2014.
Mulyana, R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Pradita, R. 2013. Hakikat dan nilai-nilai sains. (On line) tersedia: (https://everlastingchemistry.wordpress.com.) Diakses pada 2 Desember 2014.
Rachman, M. 2001. Reevaluasi dan Redefinisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. Vol. 28: 10.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sulistina, O. 2009. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Laboratorium Malang. Skripsi. (Online) tersedia: (http://karya-ilmiah.um.ac.idUniversitas Negeri Malang. Malang). Diakses 13 Desember 2014).
Yudianto, S. A. 2010. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.