PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN SCIENTIFIC APPROACH

Erlina Kusnul Kotimah, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


This research aimed to develop the instrument self assessment and peer assessment to assess the scientific attitude and the skill of process in studying science with scientific approach which is reliable, valid, useful, and easy to be used. The development research included potential and problem analysis, collecting the data, product design, validation design, revision design, product experiment, product revision, and massive production. The result of experiment showed that the level of instrument reliability in attitude assessment was 0,92 and the skill of process was 0,97 which had higher category. Beside of that, it showed that the product had a very suitable quality, very useful quality, and very easy quality. Based on the product and application experiment, it showed that the standard of reliability, validity, useful, and easeness of the instrument of scientific attitude assessment and skill of process had a higher criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen self assessment and peer assessment untuk menilai sikap ilmiah dan keterampilan proses dalam pembelajaran sains dengan scientific approach yang reliabel, sesuai, bermanfaat dan mudah untuk digunakan. Penelitian pengembangan tersebut meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Hasil uji coba produk menunjukkan tingkat reliabilitas instrumen penilaian sikap ilmiah sebesar 0,92dan keterampilan proses sebesar 0,97 yang berkategori sangat tinggi. Hasil uji coba pemakaian menunjukkan produk memiliki kualitas sangat sesuai, sangat bermanfaat, dan sangat mudah. Berdasarkan hasil uji coba produk dan uji coba pemakaian menunjukkan tingkat reliabilitas, kesesuaian, kemanfaatan, dan kemudahan instrumen penilaian sikap ilmiah dan keterampilan proses memiliki kriteria sangat tinggi.

Kata kunci: assessment keterampilan proses, assessment sikap ilmiah, instrumen peer assessment, instrumen self assessment.


Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah dan Eny Rahma. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Fernandianto, Anan. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika. (Online). (http://www.distrodoc.com/28571 6-pengembangan-instrumenpenilaian-sikap ilmiaha. diakses 17 November 2014).

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pebelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Pedoman Penilain Hasil Belajar Oleh Pendidik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, Muhammad. 2014. Pengembangan Model Assessment Afektif Berbasis Self Assessment dan Peer Assessment di SMA Negeri 1 Kebomas. (Online). (http://ejournal.umm.ac.id/index. php/jmkpp/article/viewFile/1912/2017_umm_scientific_journal.pdf. diakses 6 november 2014).

Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian Kurikulum 2013: Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.