PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU SISWA MENGGUNAKAN MIND MAPPING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH

Evi Nuryanti, Abdurrahman Abdurrahman, Nengah Maharta

Abstract


The result of interview and questioner showed that SMA Al-Kautsar needed interesting students book for reading, making engage students more actively, and improving their quality of memorize. Therefore, development research has been done in SMA Al-Kautsar. The purpose of this research is to develop students book supplement based on scientific approach using mind mapping. The research and development modify instructional media development procedures of Sadiman, et al consist of design expert test and material expert test; interesting test, easier test, usefulness test; and effectiveness test. The final product is the students book supplement using mind mapping scientific approach based on Newtons law of second. The conclusion is the students book supplement based on scientific approach and Newtons law of the second using mind mapping with the interesting, easier, useful, and effective in learning.

Hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa SMA Al-Kautsar membutuhkan buku siswa yang menarik untuk dibaca, melibatkan siswa aktif, dan meningkatkan daya ingat. Oleh sebab itu penelitian pengembangan telah dilakukan di SMA Al-Kautsar. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan suplemen buku siswa yang menggunakan mind mapping berbasis scientific approach. Penelitian dan pengembangan ini memodifikasi prosedur pengembangan sadiman, dkk terdiri atas tahap uji ahli desain dan uji ahli materi; uji kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan; serta uji keefektifan. Produk akhir berupa suplemen buku siswa menggunakan mind mapping berbasis scientific approach materi Hukum II Newton. Kesimpulan penelitian ini dihasilkan suplemen buku siswa menggunakan mind mapping berbasis scientific approach materi Hukum II Newton dengan kualitas menarik, memudahkan, sangat bermanfaat dan efektif dalam pembelajaran.

Kata kunci: hukum II Newton, mind mapping, scientific approach, suplemen buku siswa.


Full Text:

PDF

References


Aini, Andayani, dan Atikah A. 2012. Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya. Vol. 1: 2-3, 18-19.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badarudin. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. (Online). (http:// ayahalby. wordpress. com/2011/ 02/23/model-pengembangan-perangkat-pembelajaran/. Diakses 20 Agustus 2012).

Buzan, Tony dan Barry Buzan. 1993. The Mind Mapp Book. (Online). (http://en.Bookfi.org.[Tony_Buzan,_Barry_Buzan]_The_Mind_Map_Book(BookFi.org).pdf. Diakses 17 Oktober 2014).

Imaduddin, M. C dan Unggul Haryanto Nur Utomo. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisikapada Siswa Kelas VIII. Humanitas. Vol. IX : 66-68, 73.

Muzakir. 2013. Penulisan Buku Teks Yang Berkualitas. Jakarta: UPI.

Nasution, S. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Purwoko, Sigit. 2014. Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 2 No. 2: 193-194.

Putra, Yovan P dan Bayu Issetyadi. 2010. Lejitkan Memori 1000%. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sadiman, A. S. , Raharjo,R. , Haryono, A. , & Rahardjito. 2010. Media pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Sari, Sartika, Sriyono, dan Siska Desy F. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Konvensional, Peta Konsep, dan Peta Pikiran Bagi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi. Vol. 3. No. 2: 152.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Dedi. 2000. Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Adi Cita.

Susilana dan Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Windura, Sutanto. 2009. Memory champion!. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.