PENGEMBANGAN PROGRAM KUIS INTERAKTIF MULTIPLE CHOICE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA
Adelia Aris Setiawati, Agus Suyatna, Eko Suyanto
Abstract
The development of interactive quiz program is using Wondershare Quiz Creator topractice exploration ability of phenomenon physics student on item dynamics particle. Research of development of interactive quiz programhave done at SMA Al-Kautsar Bandar Lampung in class X.2 consists of 24 students. The data collection technique such as : test in form of pre test and post test to look the increase of exploration ability and enquette for the interesting of program quiz interactive. The result showed that 75% students are have increase in exploration ability on medium level. The interesting of interactive quiz program is very intersting with the equal value 81,5%. Based on the result concluded that interactive quiz programcan assist to practice the exploration ability of student in physics phenomenon and interest to use in a lesson.
Pengembangan program kuis interaktif memanfaatkan Wondershare Quiz Creator untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena siswa pada materi dinamika partikel. Penelitian pengembangan program kuis interaktif dilakukan di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung kelas X.2 dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes berupa pre test dan post test untuk melihat peningkatan kemampuan eksplorasi siswa dan angket untuk kemenarikan program kuis. Hasil pemakaian program kuis interaktif menunjukkan 75% siswa mengalami kenaikan kemampuan eksplorasi pada tingkat keefektifan sedang. Hasil uji kemenarikan program kuis interaktif sangat menarik dengan rata-rata nilai sebesar 81,5%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa program kuis interaktif dapat membantu melatih kemampuan eksplorasi siswa terhadap fenomena fisika dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Kemampuan eksplorasi, program kuis interaktif tipe multiple choice, dan Wondershare Quiz Creator
Bangulu, M.M. 2012. Mengembangkan Kemampuan Mengeksplorasi Warna dengan Tanaman Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Bougenvil Desa Leboto Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. (Tidak dipublikasikan). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Patmanthara, Syaad. 2014. Pengembangan Pembelajaran Interaktif Perkuliahan Dasar-Dasar Rangkaian Listrik dengan Berbasis Internet. Cakrawala Pendidikan 2.2. (Online). (http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2164. diakses 3 Maret 2015 pukul 06:07 WIB).
Subekti, R. 2009. Perubahan Format Equation Sebagai Format Gambar untuk Perangkat Lunak Bantu Wondershare Quiz Creator. Modul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suhandi, A., dan F. C. Wibowo. 2012. Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 8: 1-7. (Online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download/1988/2104. diakses 3 Maret 2015 pukul 06:30 WIB)
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.