PENGARUH AKTIVITAS PADA PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Abstract
This study purpose is to investigate the effect of students activity in the phisics learning of the momentum and impulse material to the physics student learning outcomes. Design of experiments in this study is using the One Shoot Case Study. Then, to test the effect of the linearity test, and simple linear regression are based on data activity on student learning outcomes. The results showed that there are significant positive linear and significant correlation between physical activity on learning outcomes of students with determinant contribution by 22% .
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh aktivitas belajar fisika siswa pada materi impuls dan momentum terhadap hasil belajar fisika siswa. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk One Shoot Case Study. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, dan regresi linear sederhana berdasarkan data aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas terhadap hasil belajar fisika siswa dengan kontribusi determinan sebesar 22%.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran sains teknologi masyarakat
Full Text:
PDFReferences
Anomin. 2006. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Penbelajaran Sains di Sekolah. 28 Agustus 2006. (http://www.depdiknas.go.id/ju rnal/40.html. diakses pada 17 Januari 2013).
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Maronta. 2006. Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. (online) (http://berbagirefrensi. blogspot. com/2010/02/pembelajaran- dengan-model-stm. diakses pada 17 Januari 2013).
Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Prayekti. 2002. Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat tentang Konsep Pesawat Terbang Sederhana dalam Pembelajaran IPA di kelas 5 Sekolah Dasar. Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Rusmansyah, Yudha Isaryuana. 2006. Prospek Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di Kalimantan Selatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Usman, Husaini dan Akbar Purnomo S. 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.