PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Andre Edo Larichie, Nengah Maharta, Abdurahman Abdurrahman

Abstract


The purpose of this research is to produce multimedia learning for Newton's law of gravity with scientific approach developed in accordance with the criteria of scientific approach in an attractive and effective manner as a learning resource. This research was conducted in SMAN 16 Bandar Lampung. This study uses research and development method. Test subjects of this research consist of content experts/ learning materials, design experts, one for one test and small group test. The conclusion of this research is a product in a form of Development of multimedia learning for Newton's laws of gravity with scientific approach that is in accordance with the criteria of scientific approach that are attractive and effective as a learning resource. Multimedia is claimed to be effective used as a learning medium based on the acquisition of learning outcomes of the students in which 78.94 % of the students completed the minimal passing grade criterion.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran Hukum Newton tentang gravitasi dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan sesuai dengan criteria pendekatan saintifik secara menarik dan efektif sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 16 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode research and development atau penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba produk penelitian pengembangan ini terdiri atas uji ahli isi/materi, uji ahli desain pembelajaran, uji satu lawan satu (one for one) dan uji kelompok kecil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan produk multimedia pembelajaran Hukum Newton tentang gravitasi dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kriteria pendekatan saintifik yang menarik dan efektif sebagai sumber belajar. Multimedia dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan perolehan hasil belajar siswa yang mencapai persentase 78,94 % siswa tuntas KKM.

Kata kunci: gravitasi, multimedia pembelajaran, pendekatan saintifik, pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Asra. 2008. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Borg, Walter R., & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction (4ed). New York & London: Longman.

Ramadhan, Dian Syahri. 2014. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Ict Materi Pokok Gelombang dengan Pendekatan Saintifik. Volume 2, No. 3. (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4524, diakses 16 Desember 2014).

Rusman, Kurniawan, D., dan Riyana, C. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arif S, R Raharjo, Rahardjito, dan Anung H. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Waryanto, Nur Hadi. 2004. Tutorial Komputer Multimedia. Yogyakarta: Jurdik Matematika FMIPA UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.