PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR

Ivan Hasfanudin, Abdurrahman Abdurrahman, I Dewa Putu N

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of students interaction on the learning model of problem posing to creative thinking ability and student learning outcomes. There are four aspects of creative thinking abilities of students in the research are: fluency, flexibility, originality and elaboration. As for the learning outcomes in this study only examined the cognitive domains. The research method of this study is the One Group Pretest-Posttest Design is done in the first semester of the academic year 2011/2012 at the Senior High School 1 Way Jepara, East Lampung. The population of this research was every students of class XII IPA and the sample was class XII IPA1. Based on the results we can conclude that the students interaction on the learning model of problem posing can affect the creative thinking ability of 24.4% and student learning outcomes by 19.4%.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi siswa pada model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Ada empat aspek kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penelitian ini yaitu : fluency, flexibility, originality dan elaboration. Sedangkan untuk hasil belajar pada penelitian ini hanya diteliti pada ranah kognitif. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design yang dilakukan di semester ganjil pada tahun ajaran 2011/2012 di SMAN 1 Way Jepara, Lampung Timur. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA sedangkan sampel yaitu kelas XII IPA1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi siswa pada model pembelajaran problem posing dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 24,4% dan hasil belajar siswa sebesar 19,4%.

Kata kunci: hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran problem posing.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Hardjoko Muhammad. 2005. Keefektifan Problem Posing dan Tugas Terstruktur Pada Pembelajaran Mata Kuliah Pengantar Probabilitas Pada Mahasiswa Semester 1 D3 Statistika Terapan dan Komputasi Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2002/2003. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Liliawati Winny & Puspita Erna. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak diterbitkan.

Sihombing Lisna, 2010. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Materi Pokok Suhu Dan Kalor (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X2 SMAN 15 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi. Universitas Lampung.

Siswono Tatag Y.E. 2004. Mendorong Berfikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Makalah Konferensi Nasional Matematika XII. Denpasar. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.