PENGARUH KETERAMPILAN EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Catur Agus Ariyanto, Eko Suyanto, I Dewa Putu Nyeneng
Abstract
The purpose of this research was to determine the influence of experimental skill with the discovery approach at student’s learning outcomes. This research had been done in the class of X15 at SMA Perintis Bandar Lampung. The sample of this research was consist of 40 students and it used cluster random sampling technique type. According to the result of this research, the data contained the experimental skill and the student’s learning outcomes. The data, which was analyzed by correlation and regression analysis showed that it had normal distribution and linear result. The result of this research indicated that there was a linier and significant effect of experimental skill at student’s learning outcomes which got percentage 18,5 % of the coefficient value of the determination and the coefficient value of the correlation was 0,430.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan eksperimen dengan pendekatan discovery terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X15 di SMA Perintis Bandar Lampung. Sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa dengan teknik cluster random sampling. Rancangan eksperimen penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data keterampilan eksperimen dan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis menggunakan metode korelasi dan regresi, hasil analisis menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang linear dan signifikan atas keterampilan eksperimen siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 18,5% yang merupakan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,430.
Kata kunci: hasil belajar, keterampilan eksperimen, pendekatan discovery
Arikunto, S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah, N K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Sudjana. 2009. Metode Statika. Bandung: Tarsito.
Yulianti. 1995. perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe nht dan tipe tps. Skripsi. Bandar Lampung Universitas Lampung.
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.