PENGEMBANGAN BUKU SISWA MATERI DINAMIKA BENDA TEGAR BERBASIS ANALOGI KONTEN

Luthfia Puspa Pradina, Abdurrahman Abdurrahman, Chandra Ertikanto

Abstract


The purposes of this research are to develop and to determine the effectiveness of content analogy-based students book about rigid object dynamic as a learning media for senior high school student. The population of this research was the second grade of science-students at SMA Muhammadiyah 1 Metro. This students book is developed by using 7 stages of procedure that comprise; collecting the information, designing product, design validation, repairing product, trial, revision, and production. The validation expert tests resulted that this students book was appropriate with the desain that had been planned and proper to be used as a learning media. The results of this research showed that the students book was very attractive, very easy to use, and very useful. It also was effective to be used as a learning media because 83.33% of students reached the passing grade.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan produk buku siswa berbasis analogi konten sebagai media pembelajaran pada Fisika SMA pokok bahasan Dinamika Benda Tegar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Buku siswa ini dikembangkan dengan menggunakan 7 prosedur pengembangan yang terdiri atas mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, dan pembuatan produk. Hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa buku siswa berbasis analogi konten sesuai dengan desain yang direncanakan dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku siswa hasil pengembangan memiliki kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, serta sangat bermanfaat menurut pengguna. Buku siswa juga dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena 83,33% siswa telah mencapai KKM.

Kata kunci: analogi konten, buku siswa, penelitian pengembangan.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2001. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyo, Agus N. 2013. Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Harrison, G. Allan dan Richard Coll. 2013. Analogi dalam Kelas Sains. Jakarta: Indeks.

Khotimah, Siti Nurul, Sparisoma Viridi, dan Novitrian. 2009. Konsep Gerak Rotasi Benda Tegar menggunakan Analogi Konsep Gerak Translasi 1-D. Jurnal Pengajaran Fisika Menengah Sekolah. 1(4), 96-99.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian Pendidikan, Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistina, Oktavia dan Sri Rahayu. 2005. The Analogical Explanation In Chemictry Text Book for High School Class II Used By High Schools In Malang. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran & Exchange Experience of IMSTEP JICA. Malang: FMIPA Universitas Malang.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Tidak diterbitkan.

Ula, S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Jogjakarta: Laksana.

Yamin, Martinis. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.