PENGARUH DISPOSISI BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI ARIAS TERPADU PETA KONSEP
Abstract
Most of student are not able to relate of thinking to understand the physics. The purpose of this research was to know about the effect of critical thinking disposition toward the result of learning electromagnetic wave through integrated learning model of ARIAS map concept. The population of this research was all student in class X MAN 1 Bandar Lampung in the second semester of academic year 2012/2013. The sampling is using cluster random sampling at class X3. This research design is one shot case study. The result of this research is that there is positive and significant effect on the disposition of critical thinking student through integrated learning model of ARIAS map concept. The average value of critical thinking disposition per indicator, namely 80,75 self-confidence, 71,00 inquisitiveness, 65,32 systematicity, 63,75 openmindness and 51,50 truth-seeking. While the average value of result learning students which is 3,23% very high, 51,61% high and 45,16% normal.
Sebagian siswa belum mampu mengaitkan pemikiran yang dimiliki untuk memahami materi Fisika yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disposisi berpikir kritis terhadap hasil belajar Gelombang Elektromagnetik siswa melalui model pembelajaran ARIAS terpadu peta konsep. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas X3. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan disposisi berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran ARIAS terpadu peta konsep. Rata-rata nilai disposisi berpikir kritis per indikator, yaitu 80,75 self-confidence, 71,00 inquisitiveness, 65,32 systematicity, 63,75 open-mindedness, dan 51,50 truthseeking. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa, yaitu 3,23% sangat tinggi, 51,61% tinggi, dan 45,16% sedang.
Kata kunci: disposisi berpikir kritis, hasil belajar, model pembelajaran ARIAS, peta konsep.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 2007. Peran Multimodal Representasi Dalam Meningkatkan Perolehan Konsep, Disposisi Berpikir Kritis, Dan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Kajian Fisika Kuantum. Laporan Field Study: Tidak Dipublikasikan.
Agustin, Arindiah Citra Dewi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi. (Online). (http://www.library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail id=47889. Diakses 28 April 2013).
Andriyani, Windi dan Soeprodjo. 2013. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran ARIAS. Volume 2 No 2. (Online).(http://www.journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1493. Diakses 18 Oktober 2013).
Gunawan dan Liliasari. 2012. Model Virtual Laboratory Fisika Modern Untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. (Online). (http://www.lppmp. uny.ac.id. Diakses 6 Maret 2013).
Ismail. 2012. Pengaruh model pembelajaran ARIAS dan ARIAS dipadu peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis, kemampuan kognitif, dan afektif siswa MA Darul Kamal Nahdlatul Wathan Kembang Kerang Lombok Timur. (Online).(http://www.karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/21690. Diakses 18 Oktober 2013).
Latif, Syaifuddin. 2005. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Miftahuddin, Ayip. 2011. Kemampuan Kognitif menurut Revisi Taksonomi Bloom. (Online). (http://www.ayip7miftah.wordpress.com/2011/12/06/kemampuan-kognitif-menurut-revisi-taksonomi-bloom/. Diakses 28 Februari 2012).
Munthe, Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sa’adah, dkk. 2010. Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,Assesment, Satisfaction) Dalam Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Online).(http://www.cs.upi.edu. Diakses 1 Maret 2013).
Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.