PENGEMBANGAN BUKU SISWA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI MATERI USAHA DAN ENERGI

I Made Suteja M, I Dewa Putu N, Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


This research is intended to produce physics learning students’ book using multirepresentation approach for the work and energy subject which is developed in an attractive, easy, useful and effective way as a learning resource. This research was conducted at SMA Negeri 1 Seputih Banyak, Lampung Tengah. This research used research and development method. The trial subjects of the research development product consists of expert designers, the expert of content/learning materials, one for one test and a small group test. The conclusion of this study is that had been produced a product in the form of students’ book for physics learning using multirepresentation approach for the work and energy subject that is attractive, easy, and useful. The students’ book is effective to be used as a learning media based on the acquisition of learning outcomes of students which achieved percentage 77.4 % for the students who completed the minimal passing grade criterion.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa dengan pendekatan multirepresentasi pada materi Usaha dan Energi yang dikembangkan secara menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Banyak, Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode research and development atau penelitian pengembangan. Subjek uji coba produk penelitian pengembangan ini terdiri atas ahli desain, ahli isi/materi pembelajaran, uji satu lawan satu (one for one) dan uji kelompok kecil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan produk berupa buku siswa pembelajaran fisika dengan pendekatan multirepresentasi pada materi usaha dan energi yang menarik, mudah, dan bermanfaat. Buku siswa dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan perolehan hasil belajar siswa yang mencapai persentase 77,4 % siswa tuntas KKM.

Kata kunci: buku siswa, pendekatan multirepresentasi, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal. 2013. Model-model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: CV. Yrama Widya

Arsyad, Azhar. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hadijah. 2012. Pengaruh Skill Representasi Grafik terhapa Penguasaan Konsep Gerak Siswa SMP. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak diterbitkan

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suhandi, A. 2012. Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. (Online),Vo. 8, No. 1, (http://www.academia.edu/4643061, diakses 12 Maret 2014).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lamung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Trianto. 2012. Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Treagust, David F. (2008). The role of multiple representations in learning science: enhancing students’ conceptual understanding and motivation. In Yew-Jin & Aik-Ling (Eds.). Science Education at The Nexus of Theory & Practice. Rotterdam–Taipei: Sense Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.