PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL UNTUK REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP

Meitri Astuti, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


Remedial learning will be more effective if the process is done through media or other models which are different from the previous one. It is assumed that the use of media and methods will help the students to pass the score which has been determined. The purpose of this research is describing the result of the remedial learning, science process skills, character, activity, and attitude of the students. This research is done in junior high school 8 Bandar Lampung. The design of this research is one shot case study. N-gain score is used to analyze the data while paired sample t-test is implemented to examine the hypothesis. Based on the score gathered, it can be seen that the mean score of the students is middle score. The result of this research indicates that the learning process through ICT tutorial media can be used as an effort to improve the result of learning process in remedial learning.

Pembelajaran remedial berjalan efektif jika pembelajaran remedial dilakukan dengan media atau model yang berbeda dari pembelajaran sebelumnya, sehingga membantu siswa memenuhi ketuntasan KKM. Penelitian bertujuan Mendeskripsikan hasil belajar remedial, KPS, karakter, aktifitas, dan sikap. Penelitian dilakukan di SMPN 8 Bandar Lampung. Desain penelitian One shot case study. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil tersebut mengindikasi-kan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK tutorial dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran remedial.

Kata kunci: aktifitas, hasil belajar, keterampilan proses sains, media TIK tutorial, remedial.


Full Text:

PDF

References


Elmubarok, Zaim . 2007. Membumikan Pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartati, Risa. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Minat, Aktivitas, dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2011. ISBN 978-979-8510-32-8. Bandar Lampung: Unila.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Program Pasca Sarjana Unnes. (online). (http://www.Duniagil. Word-pres.Com/2011/03/12/Keterampilan-Proses-Dalam-Pembelajaran Sains/21.11,24 11 2013) diakses 5 Desember 2013)

Hendrawati, Sri. 2012. Keterampilan Proses Sains. (Online).(http://www.srihendrawati.blogspot.com/2012/02/keterampilan-proses-sains.html, diakses 2 Juni 2013)

Muhtadi, Ali. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: FIP UNY. (Online). (http://www.staff.uny.id/dosen/dr-ali-muhtadi-mpd, diakses 01 April 2014)

Nova, Ronaldo. 2010. Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Media CAI (Computer-Assited-Intruction) dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa). Jurnal Pendidikan. (online). volume 05.Nomor 0111. (http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3728, diakses 01 April 2013)

Ramadhani, Mawar. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis WEB pada Pelajaran TIK dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. (online). (http://www.eprints.uny.ac.id/, diakses 1 April 2014).

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suryosubroto. 2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Susiana, Dewi. 2009. Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Ketersediaan Sarana Prasarana Belajar dengan Sikap Beretika TIK Siswa Pada Kelas XII Program Keahlian TKJ di SMKN 6 Malang. (online). (http://www.karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TE/article/view/4569, diakses 01 April 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.