PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY
Abstract
This research is a case study experiment using the class as a sample. Research carried out directly in the learning activities in class VIIIA SMPN 5 Way Kanan. The study were consist of a free variable or metacognition skills, two dependent variables, namely learning outcomes and student interest and the moderator variable is the method of discovery, the design that used in this study is the One-Shot Case Study. The results of the data analysis are the influence of metacognition skills on learning interest significance value 0.357 is greater than 0.05, whereas the effect of metacognition skills against the results obtained 0.012 significance value less than 0.05. The conclusion of this study are (1) there is no influence of metacognitive skills on students' interest in learning physics through discovery learning, (2) there are significant infivence of metacognitive skills on students’ learning achievement in learning physics through discovery.
Penelitian ini merupakan studi kasus eksperimen dengan menggunakan satu kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas VIIIA SMPN 5 Negeri Agung Way Kanan. Penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas yaitu keterampilan metakognisi, dua variabel terikat yaitu hasil belajar dan minat siswa dan satu variabel moderator yaitu metode discovery, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Hasil analisis data pengaruh keterampilan metakognisi terhadap minat belajar diperoleh nilai signifikansi 0,357 lebih besar dari 0,05, sedangkan pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,012 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) tidak terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap minat belajar fisika siswa melalui pembelajaran discovery, (2) terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran discovery.
Kata kunci: hasil belajar, keterampilan metakognisi, metode pembelajaran discovery, minat belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dimyati, dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Herdy. 2010. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Artikel Pendidikan. (online). (http://www.herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan, diakses 23 Oktober 2012)
Jonassen, D. 2000. Toward a Design Theory of Problem Solving To Appear in. Educational Technologi: Research and Development. Artikel Pendidikan. (online).(http://www.coe.missouri. edu/, diakses 23 Oktober 2012)
Project, Taccasu. 2008. Metacognition. Artikel Pendidikan.(online) Diunduh 23 September 2012 dari (http://www.hku.hk/cepc/taccasu/ref/metacognition.html)
Sagala, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika UPI.
Sukmadinata & As’ari. 2006. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Makalah. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.