PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) MATERI TEKANAN

Nurrohman Nurrohman, Agus Suyatna, Chandra Ertikanto

Abstract


The objective of this this research was to produce worksheets with a generic science skills (GSS)-based on the lesson of pressure for class 8th in MTs Alfatah. According to Sugiyono (2011), the method is adapted from research steps that includes 9 stages of development. The result of tests on user response on the aspects of the attractiveness get score 3,18 with good category, the aspects of simplicity got score 3,07 with good category, and for the aspect of usefulness get score 3,14 with good category. While for the efectivity test results in the usage of product trial get 81,25%, student complete 65 of accomplishments criteria (or KKM). Therefore, GSS-based of students worksheets is worthy and efective to use as a learning media.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS Berbasis KGS pada materi tekanan untuk kelas VIII MTs Alfatah Natar. Metode pengembangan diadaptasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2011) yang meliputi sembilan tahapan pengembangan. Hasil uji coba terhadap respon pengguna untuk aspek kemenarikan memperoleh skor 3,18 dengan kategori baik, aspek kemudahan memperoleh skor 3,07 dengan kategori baik, untuk aspek kebermanfaatan memperoleh skor 3,14 dengan kategori baik. Semetara itu, untuk hasil uji efektivitas pada uji pemakaian produk mencapai 81,25% siswa tuntas KKM 65. Dengan demikian, LKS berbasis KGS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: keterampilan generik sains, lembar kerja siswa, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP

Brotosiswoyo, B. S. 2000. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Proyek Pengembagan Universitas Terbuka. Jakarta: Depdiknas

Miranti. 2012. Keterampilan Generik Sains. (online) (http://www.blogspot.com/2012/07/keterampilan-generik-sains.html. Diakses 19 februari 2013)

Sadiman, A. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sujadi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Suleiman, A. H. 1998. Media Audio Visual untuk Pengajaran, penerangan, dan penyuluhan. Jakarta: Gramedia

Sunyono. 2009. Pembelajaran IPA dengan Keterampilan GenerikSains.(on line), (http//Unila.ac.id, diakses 1 Agustus 2010)

Sunyono. 2010. Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Meteri Kesetimbangan Kimia. Bandar lampung: Prosiding Seminar Nasional

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP)). Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.