PEMANFAATAN MEDIA TIK SIMULASI SEBAGAI SUPLEMEN EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN ALAT UKUR

Imas Setiana Esti Galih, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


The objectives of this research were to find out the increasing of learning result in the cognitive domain, to grow skill of science process, to develop activities, to form characters and to grow students’ learning attitudes by using ICT simulation media as an experimental supplement in learning the measuring devices. This research was conducted in Junior High School 1 Way Kenanga, Tulang Bawang Barat. The research population was all students of Grade VII meanwhile the sample was class VII A. The sampling technique was taken using cluster random sampling. Based on the results of the research by using ICT simulation media as an experimental supplement in learning the measuring devices showed that there were improvements in cognitive domain learning results, growth of students’ science process skills, development of students’ learning activities, form of students’ learning characters and growth students’ learning attitudes.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, menumbuhkan keterampilan proses sains, mengembangkan aktivitas, membentuk karakter dan menumbuhkan sikap belajar siswa dari pemanfaatan media TIK simulasi sebagai suplemen eksperimen dalam pembelajaran alat ukur. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Way Kenanga, Tulang Bawang Barat. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII sedangkan sampel yaitu kelas VII A. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan memanfaatkan media TIK simulasi sebagai suplemen eksperimen dalam pembelajaran alat ukur menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ranah kognitif, tumbuhnya keterampilan proeses sains siswa, berkembangnya aktivitas belajar siswa, terbentuknya karakter belajar siswa dan tumbuhnya sikap belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, karakter, keterampilan proses sains, media TIK simulasi, suplemen eksperimen


Full Text:

PDF

References


Akınoğlu, Orhan; Tandoğan, Ruhan Özkardeş. 2007. The Effect of Problem Based Active Learning in Science Education on Students. Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. (Online),Vol. 3. No. 1, availeble: (http://www.ebscohost.com, 27 Maret 2014)

Dahar, R.W. 2003. Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Edi, Christanto. 2009. Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) terhadap Hasil Belajar Siswa SMU/SMK di Surakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Perbankan. (Online), Vol. 17. No. 1, (www.http://e-journal.stie-aub.ac.id, diakses 27 Maret 2014)

Fakhruddin. 2010. Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains. (Online), Vol.4. No. 1, (www.http://ejournal.unri.ac.id, diakses 27 Maret 2014)

Finkelstein. N, Adams. W, Keller. C, Perkins. K , Wieman. C. (2006). High Tech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching. (Online),Vol. 2. No. 3, (www.merlot.org/merlot/index.htm, diakses 27 Maret 2014)

Griffin, J. D. 2003. Technology in the Teaching of Neuroscience: Enhanced Student Learning. Journal Advan Physiol Education. (Online),Vol 27, availeble: (http://www.ncbi.nlm.nih.gov, 27 Maret 2014)

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lailiyah, E. 2009. Perbandingan Efektivitas Metode Simulasi Javascript terhadap Demonstrasi dan Ceramah dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa untuk Materi Pemuaian dan Wujud Zat.Jurnal pembelajaran fisika sekolah menengah.(Online), Vol. 1. No. 1, (www.ijp.papsi.org/index.php/JPFS/article/view/233, diakses 27 Maret 2014)

Ligiono, Krisantus. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 21 Merayuh. Jurnal Pendidikan. (Online),Vol. 2. No 7, (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/search/titles?searchPage=2, diakses 2 April 2014)

Mardiansyah, Yopi. 2013. Pembuatan Modul Fisika Berbasis TIK untuk Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Siswa SMAN 10 Padang Kelas X Semester 1. Jurnal Pillar Of Physics Education. Vol. 1, (Online),(http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/487, diakses 27 Maret 2014)

Murtiyasa, Budi. 2006. Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Prihatiningtias, S. 2013. Imlementasi Simulasi PHET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.Vol 2.No 1, (Online), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2505, diakses 27 Maret 2014)

Sugianto. 2014.Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Tema Fotosintsis untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah. Unnes Science Educational Journal. (Online), Vol 3 no 1, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/2969, diakses 27 Maret 2014)

Sukardi, H.M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanti, Retno Dwi. 2009. Pemodelan dan Simulasi Interaktif dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. (Online), Vol 1. No. 1, (http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Journal-20090401015/22015, diakses 27 Maret 2014)

Wahyudi.2009. Pemanfaatan Kit Optik Sebagai Wahana Dalam Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. (Online), Vol. 5, (http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:gPCVBTH86nIJ:scholar.google.com/+wahyudi+jurnal+pendidikan+fisika+pemanfaatan+kit+optik&hl=id&as_sdt=0,5, diakses 27 Maret 2014)

Zacharias, Z. dan Anderson, O.R. 2003. The Effect of an Interactive Computerbased Simulation Prior to Performing A Laboratory Inquirybased Experiment on Students’ Conceptual Understanding of Physics. American Journal of Physics. (Online), Vol 71. No. 6, (http://scitation.aip.org/content/aapt/journal/ajp/71/6/10.1119/1.1566427, 27 Maret 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.