PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL SEBAGAI SUBTITUTE EKSPERIMEN PEMBELAJARAN ALAT UKUR SMP

M. Irvan Haekal, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


The goals of this research were to describe the cognitive learning outcomes, the science process skills (SPS), the character, the activities, and students’ attitudes toward the use of media ICT tutorial as a subtitute experiment. The research has been done in the first semester of 2013/2014 in SMP Negeri 5 Tulang Bawang Tengah. The sample of this research was 24 students class of VIIC in SMP Negeri 5 Tulang Bawang Tengah. The researcher concludes by the use of media ICT tutorial as subtitute experiment that the differences in cognitive learning outcomes, can bring up SPS, to build character, to increase the activity of students, and to foster positive attitudes of students toward the use of ICT media tutorial as a subtitute experiment in the learning measuring instruments.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar ranah kognitif, keterampilan proses sains (KPS), karakter, aktivitas, dan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai subtitute eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 5 Tulang Bawang Tengah. Sampel penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIIC SMPN 5 Tulang Bawang Tengah. Kesimpulan penelitian setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai subtitute eksperimen terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif berdasarkan nilai pretest dan posttest, memunculkan KPS, membentuk karakter, meningkatkan aktivitas, siswa serta menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai subtitute eksperimen dalam pembelajaran alat ukur.

Kata kunci: aktivitas siswa, karakter siswa, keterampilan proses sains, media tik tutorial, subtitute eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Alamsah, Nur. 2013. Penggunaan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Perkembangan Teori Atom.Makalah disajikan dalam Prosiding SNIPS 2013, Universitas Islam Negeri SGD Bandung, Bandung, 3-4 Juli 2013.

Fuadi, Anwar. 2011. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Fisika Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Siswa Kelas Xi Sma Batik 1 Surakarta.Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hutagalung, Andar M. 2013. Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Berbasis Media Komputer Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Tesis tidak diterbitkan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Nugraha, Adam. 2011. Computer Assisted Instruction (CAI). (Online). (http://www.nuabah.blogspot.com/2011/03/computer assisted-instruction cai.html/2011/03/-computer-assisted instruction-cai.html, diakses 2 Juni 2013).

Prihatiningtyas, S. 2013. Implementasi Simulasi Phet dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik. (Online). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 2, No. 1, (http://www.journal.unnes.ac.id-/nju/index.php/jpii, diakses 13 Januari 2014)

Rustaman, Nuryani Y. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjada dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia Bekerjasama dengan FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Desma Viana. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Listrik Statis Dan Listrik Dinamis Smp/Mts. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Siahaan, Sudirman. 2002. Studi Penjajagan tentang Kemungkinan Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran di SLTA di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun Ke-8(039).(http://www.yenyyulizahsman5llg.blogspot.com/2011/04/media pembelajaran-mitra-atau.html, diakses 23 Februari 2014).

Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 17.0. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudin, Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. (Online). Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Volume 6, No. 1, (http://www.journal.unnes.ac.i/nju/index.ph/JPFI/article/view/1105/1016, diakses pada tanggal 4 maret 2014).

Wahyuni, Esti. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Pemerolehan Belajar. (Online). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Volume 7, No. 1, (http://www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/338, diakses 4 maret 2014).

Wijayanti, Anggar. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Kelas VIII Berorientasi Keterampilan Proses Sains Yang Bermuatan Pendidikan Karakter. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.