PENGEMBANGAN MODUL TUTORIAL BERBASIS PERMASALAHAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PRIOR KNOWLEDGE MATERI LISTRIK DINAMIS

Wahyu Cahya Kumala, I Dewa Putu Nyeneng, Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


The purpose of this study was to describe the characteristics of an effective module as a learning resource. Research development of tutorial module done by following procedures: analysis of needs, formulating learning goals, the formulation of the material grains, making initial modules, evaluation, revision, final draft, test and final module. Characteristics of this module is the module description in the material contained in the events of daily life and the events analogous forms in other events that may add to the understanding of students. Results of tests with paired sample ttest showed that there was an increase of 38.9893 Prior Knowledge that this module is said to be effective.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik modul yang efektif sebagai sumber belajar. Penelitian pengembangan modul tutorial dilakukan dengan mengikuti prosedur yaitu analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, perumusan butir materi, pembuatan modul awal, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba dan modul final. Karakteristik dari modul ini adalah uraian materi di dalam modul terdapat peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dan bentuk peristiwa tersebut dianalogikan dalam peristiwa lain yang dapat menambah pemahaman siswa. Hasil tes dengan paired sample t-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan Prior Knowledge sebesar 38,9893 sehingga modul ini dikatakan efektif.

Kata kunci: penelitian dan pengembangan, modul tutorial, permasalahan kontekstual


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2012. Buku Panduan Penyusunan Modul bagi Pengembangan Profesioal. Lampung: FKIP Unila

Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta

Sujanem, Rai. 2012. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Diakses tanggal 5 Juni 2012 dari Smajanapati.ptiundiksha.com/vol1no2/4.pdf

Suryanto. 2002. Penggunaan masalah kontekstual dalam pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Winkel, W. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.