PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Sandy Budi Mustaqim, Abdurrahman Abdurrahman, Viyanti Viyanti

Abstract


In general, students still feel that physics is a subject that is considered difficult, indirectly it will hinder the development of students' metacognitive. Resulting in low motivation and learning outcomes. This study aimed to determine the effect of metacognitive skills on motivation and learning outcomes using the model of PBL. research design used was a one-group pretest-posttest. Results of this study indicate that there are significant metacognitive skills on motivation to learn by 22%. In addition the results showed there are significant metacognitive skills on learning outcomes by 27%.

Pada umumnya siswa masih merasa bahwa pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit, secara tidak langsung ini akan menghambat perkembangan metakognitif siswa. Sehingga mengakibatkan motivasi dan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif terhadap motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan model PBL. desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan metakognitif terhadap motivasi belajar sebesar 22%. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar sebesar 27%.

Kata kunci: keterampilan metakognitif, model problem based learning (PBL), hasil belajar, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Komalasari, Mardiana. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP kelas VII pada Pembelajaran Fisika. Skripsi pada jurusan pendidikan fisika FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Nurhadi, Agus Gerrad 2003. Pembelajaran Konteksual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Nuryana, Eka dan Bambang Sugiarto. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pada Pendidikan Kimia FMIPA UNESA Surabaya: Tidak Diterbitkan.

Safitri, Erfina Rizky. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatife Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal pada Jurusan Biologi FPMIPA Universitas Negeri Malang: Tidak Diterbitkan.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tamalene, H. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Model CORE melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif untuk meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Tesis pada Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA : Tidak diterbitkan.

Widiawati, Nina. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Winkel, W.S 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.