PENGARUH ASESMEN E-PORTOFOLIO MELALUI GROUP FACEBOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR

Siti Nurul Aroma Dewi, Undang Rosidin, Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


Assessment is an important learning aspect. This research was intended in order to know is there any positive influence and significany e-portofolio assessment through facebook group by using ARIAS model on learning achievement. The research population was all of the students of XI class of 1 Tanjung Bintang Senior High School, South Lampung in even semester of 2012-2013 academic.The sample class was XI IPA 1 , chosen by using purposive sampling. This reaseaech used one shot case study design. The result showed there were positive influences and a significant e-portofolio assessment through facebook group by using ARIAS model. The students’ average assessment scores were 72. Meanwhile, average scores of students’ learning achievement were 18.9% very high category, 51.3% high category,and 16.2 % enough category.

Asesmen adalah aspek yang sangat penting dalam pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan asesmen e-portofolio melalui group facebook menggunakan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar. Pada penelitian ini, popilasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Bintang, Lampung Selatan, semester genap tahun ajaran 2012/2013, Pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu XI IPA1. Penelitian menggunakan desain one shot case study. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan asesmen e-portofolio melalui group facebook menggunakan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Rata-rata nilai asesmen e-portofolio siswa adalah 72. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah sebesar 18,9% dengan kriteria baik sekali, 64,8% dengan kategori tinggi, dan 16,2% dengan kategori sedang.

Kata kunci: asesmen, e-portofolio, facebook, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Cranney, J., Kafod, M., Huon, G., Jensen, L., Levin, K., McAlpine, I. (2005). Portfolio tools: learning and teaching strategies to facilitate development of graduate attributes. Diakses pada tanggal 8 Maret 2008 dari http://science. uniserve.edu.au/pubs/procs.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Gray, Lisa. 2008. Effective Practice with e-Portfolios. Inggris: University of Bristol.

Guilford J.P., Benjamin Fruchter. 1956. Fundamental Statistic In Psychology and Education. Tokyo: Mc Graw Hill.

Putra, Arjuna.2012. Facebook Sebagai Teknik Pembelajaran. Diakses pada tanggal 23 Desember 2012 dari http://guraru.org /news/2012/05/30/637/facebook_sebagai_teknik_pembelajaran.

Sa’adah. 2010. Penerapan model ARIAS (Assurance, Relevance, Assesment, Satisfaction) dalam pembelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukajiah. 2012. Jejaring Sosial Facebook sebagai Alternatif Pembelajaran Online. Diakses pada tanggal 23 Desember 2012 dari http://sukasains.com/info ku/jejaring sosial facebook sebagai alternatif pembelajaran online


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.