Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar Siswa

Siti Khoirurrohmah, Chandra Ertikanto, Agus Suyatna

Abstract


This research aims to describe the effect of implementation of contextual learning module based on multiple representations on the topic of Static Fluid on students learning outcomes. This research was conducted in one of the High Schools in Bandarlampung using the non-equivalent control group design. The sample of this research was the students of grade XI High Schools in Bandarlampung that divided into two class (experiment and control class). The data were tested using N-gain analysis, normality test, homogeneity test, and Independent Sample t-test. The test results value of Independent Sample t-test Sig value. (2-Tailed) and the average value of N-gain, it shows that the average student learning outcomes using contextual learning module based on multiple representations more than student learning result using the conventional book. Therefore, contextual learning module based on multiple representations on the topic of Static Fluid can improve student learning outcomes in the cognitive domain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi Fluida Statis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Bandarlampung dengan menggunakan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA di Bandarlampung yang dibagi menjadi 2 kelas (eksperimen dan kontrol). Data hasil penelitian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample t-test. Hasil uji nilai Independent Sample t-test nilai Sig. (2-Tailed) dan rata-rata nilai N-gain, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan buku konvensional. Oleh karena itu, modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi Fluida Statis berpengaruh pada hasil belajar siswa pada ranah kognitif.

 

Kata kunci: Modul, Pembelajaran Kontekstual, Multiple Representations, Hasil Belajar.

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201804


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Liliasari, A. Rusli, dan Bruce, W. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 30(1): 30-45. Tersedia di http://journal.uny. ac.id./index.php/cp/article/ view/4189. Diakses pada 19 Oktober 2017

Ainsworth, S. 2006. DeFT: A conceptual framework for considering learning with multiple representations. Journal School of Psychology and Learning Sciences Research Institute. 16(3):183-198 . (Online). Tersedia di https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0959475206000259. Diakses pada 19 Oktober 2017 .

Angell, C., Kind, P. M., Henriksen, E. K., & Guttersrud, Ø. 2008. An empirical-mathematical modeling approach to upper secondary physics. Physics Education, 43(3): 256-264. (Online). Tersedia di http://iopscience.iop.org/ article/10.1088/0031-9120/43/3/001/pdf. Diakses pada 19 Oktober 2017

Anggraeni, S. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Modul Interaktif. Chemistry in Education (CiE), 3 (2): 139-146. (Online). Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/chemined/article/view/3130. Diakses pada 10 November 2017.

Asfiah, N., Mosik, dan Purwantoyo, N. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal (USEJ) , 2 (1): 188-195 . (Online). Tersedia di https://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/1822. Diakses pada 10 November 2017.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Fernanda, R., Ermaniati, R., dan Ratna, W. 2015. Pengaruh Penerapan Modul Dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kelas X Semester 1 Di SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Pillar Of Physics Education, 6(1): 73-80. (Online). Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id/ students/index.php/pfis/article/view/1806/1414. Diakses pada 14 Maret 2018.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Herawati, R.F., Mulyani, S., dan Redjeki, T. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan kimia 2 (2): 38-43. (Online). Tersedia di http://eprints.uns.ac.id/11696/1/1151-3387-2-PB.pdf. Diakses pada 10 November 2017

Irwandani. 2014. Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 3(1):1-10. (Online). Tersedia di http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/64/57. Diakses pada 10 November 2017.

Kohl, P. B., David, R., dan Noah D. F. 2007. Strongly and weakly directed approaches to teaching multiple representation use in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research. 3(1): 1-10.

Laksmi, D. 2012. Pengembangan Bahan Ajar.(Online).Tersedia: http://File. Upi.Edu/Direktori/FIP/Jur._Kurikulum_Dan_Tek._Pendidikan/197706132001122-Laksmi_Dewi/Bahan_Kuliah_Pba/Pengembangan_Bahan_Ajar.Pdf Diakses pada 16 Oktober 2017.

Mandalasari, N.N.A., Feriansyah S., dan Eko, S. 2017. Pengaruh Skill Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4): 105-115.

Nilasari, E., Ery, T. D., dan Anang, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(7): 1399-1404. Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/210226-pengaruh-penggunaan-modul-pembelajaran-k.pdf. Diakses pada 16 Mei 2018.

Pahini, N., Abdurrahman, dan Wayan, S. 2014. Pengaruh Skill Multirepresentasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Model Pembelajaran Exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(5): 123-134. (Online). Tersedia di http://jurnal.fkip. unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/5382/3374. Diakses pada 16 Mei 2018.

Sugiyono. 2015. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhandi, A., dan Wibowo, F.C. 2012. Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pehamahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8(1): 1-7. (Online). Tesedia di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1988. Diakses pada 10 November 2017.

Widianingtyas, L., Siswoyo., dan Bakri. 2015. Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika 1 (1): 31-38. (Online). Tersedia di http://journal.unj. ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/24. Diakses pada 10 November 2017

Wigati, A.A., Nengah M., dan Agus S. 2015. Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6): 11-19.

Yusuf, M. dan Setiawan, W. 2009. Studi Kompetensi Multirepresentasi Mahasiswa pada Topik Elektrostatika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi 2(1): 1-10. (Online). Tersedia di http://file. upi.edu/Direktori/-FPMIPA/prodi._ilmu_komputer/19660 1011991031-wawan_ setiawan/-18._Studi_ Kompetensi.pdf. Diakses pada 04 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.