PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LCDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This study aims to know the effect from using of learning modules based Learning Content Development System (LCDS) on the student learning results and how the understanding of concepts students after using the module.The study non-equivalent control group design is used in the research has been conducted in SMAN 13 Bandarlampung, and Independent Sample T-test for the data analysis. The participant in the research is students in class X MIPA 3 as the experimental class and X MIPA 4 as the control class. The result of this study indicated learning be use modules based LCDS has a significant impact on student learning results, showed by distinction the average N-gain of the experiment class 0,55 and control class 0,45. Based on analysis CRI result provided categories of students who know the concepts are 7,66%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis Learning Content Development System(LCDS) terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan modul tersebut. Studi non-equivalent control group design digunakan dalam penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 13 Bandarlampung, serta analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Peserta dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis LCDS memiliki penguruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,55 dan kelas kontrol 0,45. Berdasarkan hasil analisis CRI, diperoleh kategori siswa yang tahu konsep sebesar 71,66%.
Kata kunci: LCDS, Modul, Hukum Newton tentang Gravitasi, Pemahaman Konsep.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Interaktif Konsep Dasar Kerja Motor 4 Langkah Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjungkarang. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 1 Nomer 1: 4-15.
Aremu, A. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology Issues on Acceptability and Usability in Nigeria. [Online]. Tersedia di http://pubs.Sciepub.com/education/1/2 /2/. Diakses tanggal 25 Oktober 2016.
Cahyani, A. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran menggunakan Learning Content Development System (LCDS) pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume 4 Nomer 1: 119-130. Universitas Lampung. (Online). Tersedia di jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Maret 2017.
Gunawan, Imam., dan Palupi, Angraini Retno. 2015. Taksonomi Bloom revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum.Volume 2 Nomer 2:26-30. IKIP PGRI Madiun.(Online).Tersedia dipubs.sciepub.com. Diakses pada tanggal 29 Desember 2016.
Meltzer, D. E. 2002. The relationship between mathemathics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible hidden variable in diagnostic pretest score. American Journal Physics. Volume 70 Nomer 2: 12591268. [Online]. Tersedia di http://sciepub.com. Diakses pada tanggal 23 November 2016.
Mustaqim, T. A., Zulfiani., dan Herlanti, Y. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Biologi FITK UIN Syarif Hidayattullah. Volume VI Nomer 2: 146-152. (Online). Tersedia di http:// Journal. uinjkt.ac.id. Diakses pada tanggal 24 November 2016.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhandi, A., dan Wibowo, F. C.2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Volume 8 Nomer 1: 1-7. Universitas Pendidikan Indonesia (Online). Tersedia di journal.unnes. ac.id. Diakses pada tanggal 24 November 2016.
Sujanem, R., I Nyoman P. S., dan I Ketut T. 2009. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha Volume 42 Nomer 2: 97-104. Universitas Pendidikan Ganesha (Online). Tersedia di pti.undiksha.ac.id. Diakses pada tanggal 4 April 2017.
Sunantri, A., Suyatna A., dan Rosidin, U. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume 4 Nomer 1: 107-117. Universitas Lampung (Online). Tersedia di jurnal.fkip.unila. ac.id. Diakses pada tanggal 30 Maret 2017.
Suradnya, L. S. A., Suyanto E., dan Suane W. 2016. Pengembangan Modul Interaktif dengan Program LCDS untuk Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume. 4 Nomer. 2: 35-46. Universitas Lampung (Online). Tersedia di jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Maret 2017.
Triyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan.Ombak. Yogyakarta.
Wulandari, S. R., dan Suana, W. 2016. Perbandingan Penguasaan Konsep Siswa Menggunakan Modul Interaktif LCDS dengan Modul Cetakan. Makalah diseminarkan di Seminar Nasional Pendidikan 2016 tanggal 28 Mei 2016. Bandar Lampung: Unila
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.