Efektivitas Iklim Kelas Berbasis Koopertif untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklim kelas Berbasis kooperatif untuk meningkatkan model mental dan penguasaan konsep. Pemilihan sempel penelitian dilakukan secara acak dari 11 kelas pararel kelas VIII SMPN 31 Bandar Lampung, sehingga diperoleh kelas VIII H dan VIII J sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pree-post test dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2016-2017 di SMPN 31 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi untuk kemampuan guru dalam pembelajaran dan aktifitas siswa, angket untuk respon siswa. Data model mental dan penguasaan konsep diperoleh dengan test, kemudian dianalisis untuk memperoleh n-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim kelas yang digunakan memiliki: Keefektifitasan yang tinggi dari kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran, aktifitas siswa dan respon siswa, model mental siswa yang dapat ditingkatkan kearah model mental baik dan baik sekali, penguasaan konsep siswa meningkat dengan n-Gain berkatagori sedang.
Kata Kunci: Iklim Kelas, Pembelajaran Kooperatif, Model Mental dan Penguasaan Konsep.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.,I (2008) Lerning to te teach. (Terjemahan Helly PrajitnoSoetjipto & Srimulyantini Soetjipto). New York: Mc Graw Hill Companies. ( Buku Asli Diterbitkan tahun 2007).
Bloon, B.S., Engelhart, M.D.,Furt, E,J., Hill, W. H., dan Krathwahl, D.R. 1956. The Toxonomy of Education Objectives, The Clasification of Education of Goals, Handbook : Cognitive Domain.New York: David McKay.
Cheng. Y. C. (1994). Classroom environment and student affactive performance: An effective profile. The Journalof Experimental Education. 62 (3), 221-239.
Dahar, R. W. 1998. Teori-Teori Belajar. Jakarta. Depdikbud.
Dahsah,C. & Cool,R,R,K. 2008. Thai Grade 10and 11 Students Understanding Stochiomentry and related concept,Internasional Jaurnal of Scaince andMathematics Edukations,6,No 3,p 573-600.
Darmawan.2010. Penggunaan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS di MI Darrussaadah Pandwglang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), (online). (http;//www.jurnal.upi. edu diakses 17 Desember 2016).
Devatak,I., Erna, D.I.., Majca, J., and Glazar, S.A. 2009 . Comparing Slavenian year 8 and year 9 elementry school pupil knowledge of electrolyte chemestery and their intrinsic motivation. Chem.Edue.Res.Pract, 10p 281-290.
Gusniwati, M. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah PendidikanMIPA. 5(1).
Hake, R.R. 2002. Analizing Cgange/ Gain Score. Tersedia di http//www phisics. Indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gainpdf.
Johnstone, A.H. 1993. The development of Chemestriyb Teaching: A Changing response changing demant. Jaurnal of Chemikal Educati n,70 No 9 ) 701-705.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: Pt Gramedia Widisarana Indonesia.
Limpo, J. N., Oetomo, H., & Suprapto, M.H. 2013. Pengaruh Lingkungan Kelas Terhadap Sikap Siswa untuk Pelajaran Matematika. HUMANITA (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(1), 37-48.
Muhtadi,A. 2005. Menciptakan iklim kelas (Classrom Climete) yang Kondusif dan Berkwalitas dalam proses Pembelajaran.
Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara..
Natoional Resiach Cauncel. 1996. National Education Standards. Wahington DC National Academi Press.
Rustaman. Dkk. 2005. Strategi Belajar Biologi. Bandung UPI & JICA IMSTEP.
Ratumanan,T. G. 2003. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif. (Model PISK) dan Pengahnya Terhadap Hasil Belajar Matematika SLTP Di Kota Ambon. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.
Sange. 2004. The Fifth Discipline. The Art Praktice of the learning Organization. Doudleday Dell Publising Group. Inc New York.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R7D). Bandung: Alfabet.
Dugianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sudjana.N. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Slavin. 2005. Coopertive Learning. Nusa Media Bandung. (Terjemahan: Narulita Yusron)
Sunyono. 2011. Kajian Tentang Peran Multipel representasi Pembelajaran Kimia Dalam Pengembangan Model Mental. Responding Seminar Nasional Sains. 15 Januari 2011. Universitas negeri Surabaya.
Sunyono. 2013 Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel (Model Simayang). Bandar Lampung. Aura.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi damam membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Disertasi Doktor. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015. Supporting Students in Learning with Multipele Representation to Improve Student Mental Models on Atominc Strukture Consepts. Science Education Internasional, 26(2), 104-125.
Suprijono.A. 2010. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wang, C.Y. 2007. The Role Of Mental Modeling ability, Content Knolwdge an Mental Models in general Chemestry Student Understanding Moleculer Polari. Desetation Degree of Philosophy in Graduate Scool of The University of Missouri. Colombia, inkel.
Winkel, W. S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Winataputra, U.S. 2003. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka..
Wolkfolk, A. 2007. Educational Psichology (10rd ed)Boston: Person Education.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.