PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Rahma Wati, I Dewa Putu Nyeneng, Eko Suyanto

Abstract


This research aim to know whether there is learning interest the influence of the learning outcomes of physic on guided inquiry learning model. The research was conducted in SMA Negeri 1 Punduh Pedada, in the second semester, academic year 2016/2017, with a class XI IPA 1 as an experimental class or sample class. Based on analysis of research data, the obtained result of analysis of variance to test the effect of interest in studying the physic learning outcomes with a probability value of 0,00. The result of the analysis indicate that there is significant interest in learning the learning outcomes of physic on guided inquiry learning model with the contribution of interest in learning the learning outcomes of physic which amounted to 77%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika pada model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Punduh Pedada, pada semester genap, tahun pelajaran 2016/2017, dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen atau kelas sampel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh hasil analisis varian untuk menguji pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika dengan nilai probabilitas sebesar 0,00. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar fisika pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konstribusi minat belajar fisika yakni sebesar 77%.

Kata Kunci: Hasil Belajar,Minat Belajar,Model Inkuiri Terbimbing


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Aritonang, Keke. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 10, Hal. 11-17.

Artana, Ari., Nyoman Dantes., Wayan Lasmawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ter-bimbing terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Online Pendidikan Dasar. Vol. 5, Hal. 2-10.

Artha, Mega. 2011. Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dengan Strategi Discovery Inquiry terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Minat Belajar pada Pelajaran Fisika. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lam-pung.

Henri dan Rusgianto. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inquiry dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal pendidikan Matematika. Vol. 9 (1), Hal. 4.

Kartini,Tien. 2007. Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Siswa. Jurnal Online Pendidikan Dasar. Vol. 8. Hal. 1-5.

Khafid, Muhammad. 2008. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi. Jurnal Online Lembar Ilmu Kependidikan. Vol. 37 (1). Hal. 48.

Mappeasse, Yusuf. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makasar. Jurnal Medtek. Vol. 1 (2), Hal. 4.

Maikristina, Nanda., Wayan Dasna., dan Oktavia Sulistina. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pem-belajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Malang pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ramayulis. 2014. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Roida. 2008. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 2 (2), Hal. 122-131.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sjukur, Sulihin. 2012. Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 2 (3). Hal.5.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwardi, Dana Ratifi. 2012. Faktir-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa FKIP Unnes. Jurnal Online Pendidikan Ekonomi. Vol. 1 (2), Hal. 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.