Pengembangan LKS Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Impuls dan Momentum untuk SMA

Asri Wulandari Arifin, Chandra Ertikanto, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The development's aim was to produce an attractive, easy, useful, and effective students work sheet (LKS). The steps of LKS development used development procedure bassed on Suyanto & Sartinem, while the research method used One-shot Case Study. The results of this development research was guided inquiry model of LKS that was tested and proper to be used with a very attractive, very easy to be used, very useful, and very effective to be used as learning media, because students have completed 90% of the minimum standard value (KKM).

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan. Tahapan pengembangan LKS mengacu pada prosedur pengembangan Suyanto dan Sartinem, sedangkan metode yang digunakan adalah One-shot Case Study. Penelitian pengembangan ini menghasilkan LKS model inkuiri terbimbing yang teruji dan layak digunakan dengan kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, sangat bermanfaat, dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran, karena 90% siswa telah tuntas dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kata kunci: impuls dan momentum, inkuiri terbimbing, LKS.


Full Text:

PDF

References


Alfad, Haritsah. 2010. Pe-ngembangan Lembar Kerja Siswa. (Online), (http://haritsah. ifastnet.com/home/38/50-lks.html.), diakses pada 11 November 2015.

Andriani, N., I. Huseini., & L. Nurliyah. 2011. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2011). Bandung: ITB.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Narni L., N. Dantes., & I. W. Sadia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. Jurnale-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3, No 1. Hal 1-10.

Kholifudin, M.Yasin. 2012. Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng dan DIY. Purworejo.

Pabata, Bertha Dwi Utami Tauva, Nengah Maharta, & Chandra Ertikanto. 2015. Pengembangan LKS Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Berbasis Inkuiri pada Materi Fluida Statis. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 3, No 4. Hal 73-82.

Permana, Ardy, Agus Suyatna & Undang Rosidin. 2013. Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Model Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Optika. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1, No 5. Hal 45-57.

Resita, Isni, Chandra Ertikanto, & Wayan Suana. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Cahaya. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Fisika.Vol 4. No 2. Hal 11-22.

Rohaeti Eli, E Widjajanti, & Regina Tutik Padmaningrum. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal inovasi pendidik-an. Vol 10, No 1. Hal 1-11.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiono, Budi. 2011. Pengembangan Alat Perekam Getaran sebagai Media Pembelajaran Konsep Getaran. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Suyanto, Eko & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.