PENGARUH LKS PjBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Piki Ardika, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


The purpose of this research was to determine the influence of project based learning (PjBL) student worksheet to the learning outcomes of Junior High School students in the topic of physics and temperature changes on the VII grade. The method research was Quassi Experiment. The design of this research was pretest posttest control group design, with VII A as the experiment class and VII B as the control class. The results showed a significant influence of the use of PjBL student worksheet on the results of student learning outcomes. The average learning outcomes in affective domain of 87.50, the average final value in cognitive and psychomotor domain learning outcome was 83.64, and the learning outcomes increase 56.53 with N-gain 0.71 (high category).

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan LKS project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII pada pembelajaran fisika materi suhu dan perubahannya. Metode penelitian ini adalah Eksperimen Semu. Desain penelitian digunakan pretest posttest control group design, dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan LKS model PjBL terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar ranah afektif sebesar 87,50, rata-rata nilai akhir kognitif dan psikomotor 83,64, dan peningkatan hasil belajar 56,53 dengan N-gain 0,71 (kategori tinggi).

Kata kunci: lembar kerja siswa, project based learning, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dewi, Ni Kt Nik Aris Sandi, Ni Ny Garminah, Kt Pudjawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based-Learning) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 8 Banyuning. Jurnal Pendidikan PGSD. Vol 1. No 1.

Dimyati dan Mudjono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Idayanti, Yeni, Undang Rosidin, Eko Suyanto. 2015. Pengembangan

LKS Project Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual Sosial dengan Penilaian Otentik. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 3. No 3.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jagantara, I Made Wirasana, Putu Budi Adyana, Ni Luh Putu Manik Widiyanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based-Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4. No 1.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Pratiwi, Rizky Agung. 2015. Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan. Vol 3. No 5.

Sadiman, Arief S., Haryono, Anung, dan Rahardjito. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.