PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY PADA MATERI DINAMIKA BENDA TEGAR

Eka Natalia, I Dewa Putu Nyeneng, Agus Suyatna

Abstract


The purposes of this research were to develop and describe the attractiveness, convenience, usefulness and also effectiveness of e-Learning that used for enrichment from student learning outcomes point of view. The research method used the procedure of Suyanto and Sartinem development which consisted of needs analysis, resource identification, identification of product specifications, product development, internal product testing, external testing of products and production. The results of this study indicated that e-learning has a very attractive quality, easy and effective to be used as a learning enrichment ( the increased of gain 0.53902).


Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan serta kebermanfaatan dan keefektifan e-Learning yang digunakan sebagai pengayaan ditinjau dari hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan prosedur pengembangan dari Suyanto dan Sartinem yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal produk, uji eksternal produk dan produksi. Hasil uji coba penelitian ini menunjukkan bahwa e-learning memiliki kualitas sangat menarik, mudah digunakan, dan efektif digunakan sebagai pengayaan pembelajaran (peningkatan gain sebesar 0,53902).

Kata kunci: dinamika benda tegar,e-learning, schoology.



Full Text:

PDF PDF

References


Aminoto, Tugiyo dan Pathoni, Hairul. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. Jambi: Universitas Jambi.

Amiroh. 2013. Under E-Learning, Edmodo, Moodle and Schoology. Online (http://amiroh.web.id). Diakses pada tanggal 8 Juli 2015.

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Puspa Swara.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2012. Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Vo-kasi. Vol. 3 No. 1, 90-120.

Nurhasanah. 2016. E-Learning dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 1 No. 2.

Purbo, W. Onno dan Antonius Aditya Hartanto. 2002. E-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Siahaan, S. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Bandung: Universitas Pasundan.

Stockley, Derek. 2006. E-Learning Definition and Explanation. Online. (http://www.derekstockley.com.au) Diakses 30 Oktober 2015.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.